Reza Fahlevi: Kualitas Produk UMKM di SMF 2024 Sudah Meningkat

Wisatawan mancanegara saat melihat hasil produk UMKM di Sabang Marine Festival 2024. (ist)

Sabang (KANALACEH.COM) – Gerai UMKM yang menjajakan produk kuliner hingga kesenian di kegiatan Sabang Marine Festival (SMF) 2024 menjadi daya tarik pengunjung.

Bahkan wisatawan mancanegara yang hadir tampak mencicipi berbagai kuliner dan produk kesenian di lokasi itu.

Tak hanya dari Sabang, panitia juga memberikan tenant kepada produk Dekranasda dari berbagai daerah seperi Aceh Utara, Pidie hingga Aceh Barat untuk dikenalkan kepada pengunjung.

Pj Walikota Sabang, Reza Fahlevi mengakui, kualitas kuliner asal Pulau Weh mulai menunjukkan kualitas hingga omsetnya yang meningkat di SMF 2024.

Baca: Semarak Budaya Bahari Warnai Sabang Marine Festival 2024

“Kuliner sudah mulai bagus kualitasnya dan omsetnya meningkat. SMF inikan sebagai media yang mempromosikan produk Sabang, dan harus terus diberikan tempat apalagi ini bagian dari kebutuhan wisatawan,” kata Reza Fahlevi saat mengunjungi stand UMKM di venue SMF 2024, Sabtu, 2 Maret 2024.

Menurut Reza Fahlevi, produk UMKM Sabang sebenarnya memiliki potensi untuk di ekspor seperti produk kayu kelapa yang sudah memulai.

Namun, ada juga beberapa produk UMKM yang harus dibina dengan baik dari segi kemasan dan kualitas sehingga memiliki daya saing di pangsa pasar luar negeri.

“Tapi memang ada beberapa juga yang perlu kita bina, ya baik dari sisi kemasannya, kemudian kualitas produknya sendiri, sehingga memang dapat memiliki daya saing yang tinggi di nasional,” kata Reza.

Reza Fahlevi juga sempat memborong makanan yang dijajakan oleh pelaku UMKM saat berkunjung dan berbincang dengan pedagang.

Hingga turut mempromosikan kuliner khas Sabang agar pengunjung bisa mencicipi makanan selama event Sabang Marine Festival 2024 berlangsung.

Related posts