Perolehan Suara Haji Uma Kalahkan 2 Pasangan Capres di Aceh

Anggota DPD RI, Sudirman alias Haji Uma. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh telah merampungkan rapat pleno rekapitulasi hasil suara pemilu 2024 mulai tingkat DPR Aceh, DPD RI, DPR RI dan Pilpres. Rapat pleno tersebut di mulai sejak 5 Maret hingga 13 Maret dini hari tadi.

Menariknya, perolehan suara caleg incumbent DPD RI, Sudirman alias Haji Uma mencapai 1.060.991. Jumlah tersebut jika dibandingkan dengan perolehan suara capres/cawapres pasangan nomor urut 2, Prabowo – Gibran dan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud di Aceh jauh berbeda.

Di Aceh, Prabowo-Gibran meraup suara 787.024, sedangkan Ganjar-Mahfud 64.677 suara. Sementara Anies-Muhaimin 2.369.534 suara.

Baca: Hasil Pleno KIP Aceh: Haji Uma, Tgk Ahmada, Darwati dan Azhari Cage Raih Suara Tertinggi DPD RI

Sudirman alias Haji Uma merupakan komedian Aceh yang membintangi serial film ‘Eumpang Breuh’ yang ditunggu-tunggu tayang oleh masyarakat Aceh. Film ini sudah memiliki 13 episode yang dirilis setiap tahun.

Nama Haji Uma pun melejit dari film yang dibintanginya itu. Haji Uma juga merupakan incumbent DPD RI asal Aceh.

Di Pileg 2019 lalu, suaranya hampir tembus 1 juta pemilih yaitu 960 ribu lebih. Jumlah suaranya bahkan mengalahkan jumlah suara capres Jokowi – Ma’ruf Amin kala itu di Aceh.

Dengan perolehan suara tersebut, dipastikan Haji Uma akan bergabung dengan komedian asal Jawa Barat Alfiansyah Komeng di DPD RI yang sama-sama sudah meraih suara tertinggi dari dapil masing-masing.

Related posts