Sejumlah Daerah di Aceh Berpotensi Diguyur Hujan Saat Idul Fitri

Ilustrasi. (tribun)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sejumlah daerah di Aceh diprediksi bakal diguyur hujan saat Idul Fitri 1445 Hijriah. Hal itu sesuai dengan data yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Adapun daerah tersebut yaitu Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, Gayo Lues, Langsa, Bener Meriah, Pidie dan Pidie Jaya.

Prakirawan BMKG Sultan Iskandar Muda, Betsi mengatakan, wilayah itu berpotensi diguyur hujan ringan antara siang hingga sore hari.

“Untuk nanti malam wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar diperkirakan bakal berawan hingga berawan tebal, sementara besok pagi bakal cerah hingga cerah berawan,” ujar Betsi dalam keterangannya, Selasa (9/4).

Kemudian untuk esok hari, wilayah pesisir barat dan pesisir selatan seperti Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Barat Daya, Aceh Singkil, Aceh Barat, Pidie, Nagan Raya, Simeulue berpotensi hujan.

Sementara untuk sinar ultraviolet secara umum dalam kategori rendah pada pagi dan sore hari. Sedangkan siang hari terutama pukul 10.00-15.00 WIB dalam kategori tinggi dengan UV Index 6-10.

Masyarakat diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan agar terhindar dari bahaya paparan sinar UV dan dianjurkan menggunakan tabir surya SPF 30+, pakaian pelindung, topi saat beraktivitas di luar ruangan.

Related posts