Tanggapan Irwan Djohan Soal Potensi Pilih Jalur Independen di Pilkada 2024

Irwan Djohan. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Bakal Calon Wali Kota Banda Aceh, Irwan Djohan saat ini sudah mendaftar ke sejumlah partai untuk mendapat restu dukungan untuk bisa bertarung di Pilkada 2024 mendatang. Ia sudah mendaftar di NasDem, Golkar, Gerindra, PKB dan Partai Demokrat.

Meski sudah mendaftar, proses penjaringan kepala daerah di partai-partai tersebut masih berlangsung untuk nantinya di bawa ke masing-masing pimpinan pusat untuk ditentukan siapa yang bakal diusung.

Irwan Djohan sebagai kader Partai NasDem masih berharap agar partai besutan Surya Paloh itu mengusung dirinya untuk bertarung jadi orang nomor satu di Ibu Kota Provinsi Aceh, meskipun kader NasDem lainnya juga ada yang berminat untuk maju.

Baca: Sudah Daftar, Irwan Djohan Pede Bakal Diusung Partai Demokrat jadi Cawalkot Banda Aceh

Irwan Djohan dalam keterangannya kepada wartawan usai mendaftar di Partai Demokrat Banda Aceh, tidak mempersoalkan ada atau tidaknya kendaraan politik. Bagi dirinya, apapun kendaraanya ia tetap maju jadi calon wali kota.

“Saya sudah berjanji pada diri saya sendiri juga pada pendukung dan masyarakat bahwa 2024 ini saya akan maju di pilkada Banda Aceh dan ini adalah kesempatan terakhir bagi saya untuk maju pilkada. Apapun jalannya kendaraannya, kita akan maju,” kata Irwan Djohan, Rabu, 8 Mei 2024.

Namun apabila ia tidak mendapat restu dari Partai NasDem, Irwan akan bergabung dengan partai lain agar bisa diusung ataupun jalan terakhir adalah maju lewat jalur independent.

“Apabila partai saya mendukung ya terimakasih, kalau belum memberikan kepercayaan kepada saya sebagai kadernya, tentu saya akan bergabung dengan partai lain untuk bisa diusung maju lewat partai lain atau jalur independent,” kata Irwan.

Hanya saja, opsi terakhir yaitu jalur Independen, kata Irwan akan sulit karena syarat dan mepetnya waktu pendaftaran. Jika memilih jalur Independen, Irwan harus mengumpulkan 7.787 dukungan KTP yang tersebar paling sedikit di 5 kecamatan dari 9 kecamatan di Kota Banda Aceh.

Namun disamping itu Irwan masih berharap bisa dipinang oleh NasDem hingga Partai Demokrat yang sudah memberi sinyal ke Irwan Djohan.

“Jalur independen saat ini agak sedikit sulit, karena syarat yang ketat dan waktu yang sangat sempit. Harapan saya, finalnya saya mendaftar di Partai Demokrat, harapannya finalnya saya juga dapat diusung Partai Demokrat,” ujar Irwan.

Related posts