Sejauh Ini, 20 Jamaah Haji Asal Aceh Meninggal Dunia di Tanah Suci

Foto: klikkabar.com

BANDA ACEH, KANALACEH.com – Data terkini dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banda Aceh menyebutkan sudah 20 jamaah haji asal Aceh menghembuskan nafas terakhir di tanah suci. Data diperbarui terakhir Rabu, 21 Oktober 2015.

“Data yang sudah direkap 19, tapi kabarnya ada satu jamaah lagi yang meninggal, sehingga totalnya menjadi 20,” kata Herma, Sekretaris Panitia PPIH saat dihubungi Klikkabar.com.

Dari jumlah tersebut, rata-rata jamaah yang meninggal berusia lanjut, yakni di atas 60 tahun. Beberapa malah di atas 70 tahun. Bahkan ada satu jamaah yang berusia 89 tahun.

Dari 20 jamaah yang meninggal, jumlah terbanyak berasal dari Aceh Besar, yakni empat jamaah. Di bawahnya ada Bireun dengan tiga jamaah. Dari Aceh Utara, Pidie, dan Lhokseumawe dua jamah, dan Bener Meriah, Aceh Singkil, Nagan Raya, Aceh Barat, Banda Aceh, dan Simeulue masing-masing satu jamaah.

Dari data PPIH tersebut, kebanyakan jamaah meninggal karena cardiovascular desease (gangguan pada jantung dan pembuluh darah) dan respiratory desease (gangguan pernafasan).

Adapun jenazah jamaah tersebut dimakamkan di Sha Raya’a dan Baqi di Mekkah. 

Sumber: klikkabar.com

Related posts