50 Rumah Rusak, Pasca Luapan Sungai Pegasing

Wakil Bupati Aceh Tengah, Khairul Asmara meninjau lokasi. Foto Humas Aceh Tengah

Aceh Tengah (KANALACEH.COM) : Hujan deras yang melanda Aceh Tengah, akhir-akhir ini mengakibatkan banyak sungai meluap dan berdampak pada rusaknya sejumlah rumah, persawahan dan perkebunan masyarakat.

Hampir seluruh kecamatan di Aceh Tengah terdampak luapan air, namun dampak besar dirasakan oleh ratusan rumah di Kecamatan Bintang, puluhan rumah di Linge, dan kali ini setidaknya 50 rumah di Kecamatan Pegasing.

“Dua Kampung yang parah dan ada sebanyak 50 rumah rusak ringan,” ujar Camat Pegasing, Kamaluddin, di Aceh Tengah, Jum’at (23/10).

Dua Kampung tersebut adalah Kampung Lelumu dan Kampung Suka Damai, bahkan akses jalan bagian selatan kampung Lelumu hingga kini masih tertutup longsor, dan hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki.

“Air bercampur tanah dan semak kayu masuk ke rumah warga, inilah yang menyebabkan kerusakan, bahkan ada satu rumah yang rusak berat dan tidak layak huni lagi,” imbuhnya.

Luapan air dampak dari hujan deras, juga mengakibatkan kerusakan areal sawah.

Selain itu, luapan air juga merusakkan satu unit rumah ibadah dan dua unit Jembatan besi akibat ditumpuki semak kayu dan balok yang dibawa air bah.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Tengah, Khairul Asmara saat meninjau lokasi, Kamis (22/10) meminta kepada pihak kecamatan untuk mendirikan posko untuk warga jika sewaktu-waktu luapan air kembali melanda kawasan itu. [rel]

Related posts