JK Minta Aparatur Sipil Netral dalam Pilkada Serentak

Wapres RI Jusuf Kalla. (Setneg)

Jakarta (kanalaceh.com) – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta semua aparatur sipil negara netral dalam pemilihan kepala daerah yang akan digelar pada 9 Desember 2015. Menurut dia, Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini berbeda dengan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) 15 tahun lalu.

“Waktu itu, Korpri harus siap menjalankan fungsi berpihak kepada partai yang menang,” kata Wapres JK saat memberikan pengarahan kepada aparatur sipil di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat, 23 Oktober 2015. Menurut Wapres JK, selama ini kehidupan berdemokrasi di Indonesia berlangsung aman. Berbeda dengan pemilu di negara-negara Asia lainnya yang kerap diwarnai konflik. Jusuf Kalla bahkan mengklaim pemilu Indonesia merupakan yang terbaik di Asia.

Jusuf Kalla juga mencontohkan pemilu di Filipina. Menurut dia, pernah ada korban jiwa hingga 200 orang saat negara itu menggelar pemilu. Begitu pun yang terjadi di Malaysia dan Thailand. Bahkan, di Thailand, pendukung pemerintah dan oposisi sampai saat ini masih terus berseteru.

Dia mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu, dan semua aparatur sipil negara yang mampu menjaga situasi kondusif ini. []

Sumber: tempo.co

Related posts