Gubernur Zaini Turut Berduka

Tgk H Imam Baihaqi atau yang diakrab disapa Abuya Batu Korong, Foto: serambinews.com

BANDA ACEH (KANALACEH.COM)  – Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Tgk. H Baihaqi, ulama kharismatik Aceh Singkil, yang berpulang ke Rahmatullah, sekitar pukul 20.30 Wib, di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Sabtu (24/10) malam.

Sebelum berpulang, beliau sempat dirawat selama enam hari di RS milik Pemerintah Aceh tersebut. Sekitar pukul 22.10 Wib, Jenazah Tgk H Baihaqi, telah dibawa pulang dan akan dikebumikan di kampung asalnya, Aceh Singkil.

Tgk Baihaqi atau yang kerap disapa Abuya Batu Korong, merupakan Pimpinan Dayah Babussalam Batu Korong, Desa Lipat Kajang, Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil.

Gubernur Zaini Abdullah menyatakan sangat kehilangan. “Atas nama pribadi dan Pemerintah Aceh, saya menyampaikan belasungkawa dan duka cita yang mendalam. Mudah-mudahan kita bisa mengambil i’ktibar dan kepada keluarga yang ditinggalkan semoga tabah dan sabar,” kata Gubernur.

Gubernur Zaini berharap Dayah Babussalam terus dapat berkembang walaupun pimpinannya telah kembali kehadhirat-Nya. “Aceh membutuhkan pelita dan penjaga ummat, kami berharap aktivitas di Dayah tetap berjalan baik, dalam menerangi dan mengayomi moral generasi Aceh,”imbuh Doto Zaini.

Sebelumnya, Selasa (20/10) siang, Gubernur Zaini Abdullah menyempatkan diri menjenguk Tgk H Baihaqi yang saat itu dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh. Kedatangan Gubernur Zaini saat itu disambut Tgk H Abi Hasan, anak kandung Abu Batu Korong.

Kala itu, Gubernur yang didampingi Direktur RSUZA, dr Fachrul Jamal, Kadis Syariat Islam Prof Syahrizal Abbas, Kakanwil Kemenag Aceh, Drs M. Daud Pakeh dan Karo Humas Pemerintah Aceh HM Ali Alfata, sempat mencoba untuk berbicara dengan Abuya Batu Korong yang sesekali berusaha mendengarkan apa yang disampaikan Doto Zaini.

Dihari yang bersamaan, Gubernur juga menjenguk Hj Asma, Ibu dari Azwar Abubakar (mantan Menteri PAN dan RB) yang sudah beberapa hari dirawat di RSUZA Banda Aceh. Selain itu, Gubernur Zaini juga membesuk Hj Ramlah, ibunda dari Yahya Muaz dan beberapa pasien lain yang sedang dirawat di RS milik Pemerintah tersebut. []

Related posts