Menteri Agama: Ariflah Sikapi Perbedaan

Ilustrasi - Menag, Lukman Hakim dan Gubernur Aceh non aktif, Zaini Abdullah. (Ist)

Banda Aceh (KANAL ACEH.COM) – Menteri Agama RI, Prof Lukman Hakim Saifuddin meminta agar membangun sikap saling menghargai dan menghormati dikalangan masyarakat muslim. Karena dalam Islam, setiap perbedaan pandangan (ikhtilaf) adalah rahmat yang harus disyukuri.

“”Mari kita sikapi dengan arif dan bijak. Keberagaman bukan sesuatu yang harus dihindari,” kata Lukman Hakim, dalam sambutan saat membuka Muzakarah Ulama yang diselenggarakan di Aula Gedung Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), di Lampeuneurut, Aceh Besar, Senin 26 Oktober 2015.

“Perbedaan adalah rahmat dan harus disikapi dengan baik. Rasul saja menyikapi perbedaan dengan arif,” imbuh Menteri.

Dalam kesempatan itu, Menag Prof Lukman Hakim Saifuddin turut mengapresiasi langkah Gubernur Aceh yang telah memfasilitasi terlaksana Muzakarah Ulama, sehingga menjadi wahana yang efektif dalam mengkaji hal-hal yang bersifat keagamaan. “ini sangat berfaedah, saya mengapresiasi kebebasan ulama di Aceh dalam mengkaji keagamaan,” pungkasnya.

Usai membuka Muzakarah, Menteri Lukman Hakim yang didampingi Gubernur Zaini Abdullah dan unsur Forkopimda Aceh, langsung bertolak ke Aceh Singkil, untuk melihat kondisi terakhir dan berdialog langsung dengan tokoh agama dan masyarakat Aceh Singkil, pasca kerusuhan antar kelompok beda agama beberapa waktu lalu. [taufik]

Related posts