Inilah Empat Jenderal Besar Bekingi Wilmar, Perusahaan Pembakar Hutan

Terbongkar! Inilah Empat Jenderal Besar Bekingi Wilmar, Perusahaan Pembakar Hutan

JAKARTA (KANAL ACEH.COM) – Aparat penegak hukum perlu bertindak tegas terhadap perusahaan atau korporasi yang terlibat kasus kebakaran hutan dan lahan (dalkarhutlah) di Jambi.

Sosiolog Universitas Indonesia Imam B. Prasodjo mengungkap fakta mengejutkan melalui postingan sebuah foto di akun Facebook pribadinya terkait dengan pembakaran hutan dan lahan yang menyita perhatian publik akhir-kahir ini. Betapa tidak, perusahaan perkebunan Wilmar Group yang berpotensi terkait dengan pembakaran hutan itu rupanya berderet sejumlah orang penting dalam penegakan hukum di Indonesia sebagai komisarisnya.

Foto tersebut adalah ucapan selamat kepada Joko Widodo dan Jusuf Kalla dari perusahaan perkebunan Wilmar Group pagi ini, Rabu (4/11/2015). Di situ juga tampak jelas nama besar kaliber Jend Pol (Purn) Drs. Sutanto, Komjen (Purn) Drs. Nanan Soekarna, Mayjen TNI (Purn) Drs. Hendardji Soepandji sampai Irjen Pol (Purn) Drs. Paiman.

“Coba perhatikan! Mungkinkah penegak hukum (kepolisian dan kejaksaan) akan mampu bertindak tegas dalam melakukan tindakan hukum bila di dalam raksasa perusahaan perusahaan perkebunan yang memiliki potensi terkait dengan ‘pembakaran hutan’ ternyata di belakangnya ada komisaris para mantan pembesar dalam lembaga penegak hukum? Entahlah!” tulis Imam di dalam akunnya.

Menurut Imam sudah dapat diduga, yang paling berat dalam mengatasi bencana kabut asap hingga ke akar akarnya adalah komplikasi hukum dan kaitan tarik-menarik kekuatan yang ada di dalamnya.

“Sebagai bangsa, kita menangis atas kenyataan ini. Di tengah kehidupan rakyat yang begitu banyak masih dalam derita, jutaan petani dan buruh yang bergaji tak cukup menyambung hari.”

Sumber: bijaks.net

Related posts