Gempa Skala Ringan Kembali Guncang Aceh

Rekam data gempa yang tercatat Badan Survei Geologi Amerika Serikat.

BANDA ACEH – Gempa susulan berkekuatan 4,9 skala richter kembali mengguncang Aceh sekitar pukul 13.30 Wib, Senin (9/11/2015). Pusat gempa berada 92 kilometer dari arah barat laut Kota Sabang dengan kedalaman 35 kilometer.

Sebelumnya gempa ringan dengan kekuatan 5,3 SR juga terjadi pada pukul 13.12 Wib. Badan Survei Geologi Amerika Serikat, melalui laman web earthquake.usgs.gov menyebutkan pusat gempa berada 77 kilometer arah Utara Barat Laut Sabang, Indonesia. Gempa terjadi pada kedalam 43,5 kilometer.

Hentakan gempa terasa hingga ke beberapa wilayah seperti Kota Banda Aceh, Sigli dan daerah lainnya.

Dari rekam data yang dikeluarkan USGS, gempa susulan dengan skala ringan pada hari ini mulai terjadi sejak pukul 02.14 wib dini hari. Mulanya gempa berkekuatan 5,0 SR. Kemudian gempa susulan terjadi pukul 03.30 dengan kekuatan 4,7 SR dan pukul 03.59 dengan kekuatan 4,9 SR. Pusat gempa hampir rata-rata menujunkkan tempat yang sama yakni arah Barat Laut Sabang.

Seperti diketahui, hentakan gempa sudah terjadi sejak kemarin, Minggu (8/11/2015). Dari rekam data yang dikeluarkan USGS, sejak kemarin hingga pukul 14.00 Wib hari ini, gempa di Indonesia terjadi sebanyak 23 kali. Dari jumlah tersebut, 20 kali terjadi di daerah Barat Laut, Kota Sabang. Sedangkan tiga lainnya terjadi di Padang Sidempuan, Saumlaki, dan Papua Nugini.[AL]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan