Pulau Aceh Destinasi Baru Pariwisata

Pulau Aceh Destinasi Baru Pariwisata
ilustrasi.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Badan Pengembangan Kawasan Sabang (BPKS) akan mengembangkan Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, sebagai salah satu destinasi baru pariwisata di Aceh.

Ketua Pelaksana even Explore Destinasi Pulo Aceh, Ir Fauzi Daud di Banda Aceh, seperti dilansir aceh.antaranews.com, Rabu (18/11), mengatakan, Kecamatan Pulo Aceh menyimpan keindahan bawah laut dan terumbu karang yang masih bagus, sehingga cocok dikembangkan sebagai destinasi wisata diving bagi para diver  dalam maupun luar negeri.

“Titik spot diving di kawasan Pulo Aceh boleh dibilang banyak, namun belum di survey secara detil titik-titik yang berpotensi untuk dijadikan daya tarik wisata di kawasan pulau terluar Indonesia,” kata Fauzi Daud.

Berkaitan dengan itu, BPKS mengundang para wartawan dari berbagai media cetak, online, dan elektronik,  lokal maupun nasional untuk mengekspos keindahan panorama alam, keunikan budaya, dan adat istiadat masyarakat Pulo Aceh sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan luar untuk berkunjung ke pulau itu.

Pulo Aceh adalah sebuah nama kecamatan di Kabupaten Aceh Besar yang merupakan daerah kepulauan yang di kawasan ini terdapat dua pulo (pulau) besar yaitu Pulo Nasi dan Pulo Breuh. Selain itu Kecamatan Pulo Aceh terdapat tiga kemukiman (mukim) dan 17 gampong (desa).

Tiga kemukiman tersebut yaitu Mukim Pulo Breuh Utara, Mukim Pulo Breuh Selatan, dan Mukim Pulo Nasi. Penduduk Kecamatan Pulo Aceh yaitu berjumlah 4.385 jiwa atau sekitar 1.344 kepala keluarga (KK), dengan mata pencarian sebagai nelayan dan petani.

Fauzi menyatakan, pulau yang termasuk ke dalam salah satu kawasan Sabang ini memiliki banyak potensi pariwisata,  khususnya pariwisata bahari, wisata sejarah, dan wisata Alam.

Adapun beberapa potensi wisata bahari yang terdapat di  Pulo Aceh antara lain Pantai Nipah, Pantai Deumit, Pantai Deudap, Pantai Alue Reuyeng, Pantai Pasi Raya, Pantai Meulingge, Pantai Balu, Pantai Alue Raya, Pantai Pasi Lambaro, Pantai Pasi Raya, Pantai Mata-ie, Pantai Krisek, Pantai Lapeng, dan beberapa teluk yang sangat indah.

Kepala BPKS Ir Fauzi Husein mengatakan, Pulo Aceh agar dikembangkan menjadi kawasan tujuan wisata untuk meningkatkan kegiatan perekonomian  masyarakat setempat.

Untuk pengembangan wisata maka perlu dibangun sarana dan prasarana agar menjadi sebuah tempat wisata yang menarik, katanya. [Taufik]

 

Related posts