Kolesterol Jahat LDL, Ini Cara Menurunkannya…

Kolesterol Jahat LDL, Ini Cara Menurunkannya...
Ilustrasi

KANALACEH.COM – Kolesterol adalah zat lembut berlilin yang hadir pada semua bagian tubuh termasuk sistem saraf, kulit, otot, hati, usus, dan jantung. Kolesterol sendiri dapat dibuat oleh tubuh maupun diperoleh dari produk hewani dalam makanan. Dalam keadaan normal, kolesterol diproduksi di hati. Termasuk produksi hormon, asam empedu, dan vitamin D. Lalu bagaimana kolesterol bisa menjadi tinggi? Dan, bagaimana cara menurunkan kolesterol tersebut?

Jika kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, ini berarti terlalu banyak lemak yang terdapat dalam pembuluh darah, sehingga darah menjadi sulit untuk mengalir ke dalam arteri. Selain itu, jantung pun akan kekurangan oksigen, serta meningkatkan serangan jantung dan stroke. Beberapa faktor bisa menjadi pemicu tingginya kolesterol. Diantaranya, rokok, obesitas, diet yang buruk, jarang berolahraga, dan tekanan darah tinggi. Berikut beberapa cara untuk menurunkan kolesterol dalam darah Anda.

 

Olahraga

Olahraga merupakan salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol buruk. Pasalanya, aktifitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kolesterol baik hingga 10 persen. Kolesterol baik (HDL) adalah kolesterol yang bisa mengikat kolesterol jahat yang melekat di dinding pembuluh darah anda. Anda bisa mencoba dengan berjalan cepat, atau jika Anda bekerja di belakang meja bisa berjalan-jalan selama 5 menit setiap jamnya. Jadi, apapun bentuk latihannya, lakukan lah secara rutin supaya kolesterol menurun.

 

Hindari lemak jenuh dan lemak trans

Langkah lain yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghindari lemak jenuh atau memperbanyak asupan yang berserat. Pasalnya, lemak jenuh adalah sumber utama penyebab kolesterol jahat pada tubuh Anda. Oleh karena itu, mengurangi asupan yang mengandung kolesterol tinggi sangat dianjurkan.

 

Perbanyak makanan yang mengandung serat

Nah, jika Anda disarankan untuk menghindari asupan yang mengandung lemak jenuh, sebaliknya Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Beberapa asupan serat yang bisa Anda konsumsi seperti biji-bijian, buah, gandum, dan sayuran. Beberapa asupan tersebut sangat baik untuk jantung dan juga dapat menurunkan kolesterol.

 

Perbanyak Konsumsi Ikan

Ikan dan minyak ikan mengandung omega-3 yang dapat menurunkan kolesterol. Salah satu jenis ikan yang sangat baik untuk dikonsumsi adalah salmon. Tidak hanya itu, ikan tuna pun baik, karena mengandung omega-3 yang sama dengan salmon. Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan paling tidak dua atau tiga kali dalam seminggu. Nah, sumber omega-3 lainnya, bisa Anda dapatkan pada kedelai, kanila, kenari, dan minyak ikan.

 

Berhenti merokok

Tak dipungkiri, bahwa merokok adalah sumber dari segala macam penyakit. Dan, salah satunya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol jahat. Nah, hal tersebut justru akan sangat berpengaruh dan meningkatkan risiko penyakit jantung.[Meetdoctor]

Related posts