Presiden Jokowi Hadiri Peringatan Hari Nusantara

BANDA ACEH – Presiden RI Indonesia, Joko Widodo dipastikan akan hadir dalam peringatan puncak Hari Nusantara ke-15 tahun 2015, yang akan berlangsung di Pelabuhan Lampulo, Banda Aceh, 9-13 Desember mendatang.

Kepastian ini disampaikan oleh Kepala Balitbang, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, F.X Sutijastoto, Minggu (6/12) di Banda Aceh. Dalam keterangannya, F.X Sutijastoto, yang turut didampingi oleh Dirjen Ketenagalistrikan, Jarman, Sekda Aceh, Dermawan, menjelaskan, rangkai puncak peringatan Hari Nusantara akan dipimpin langsung oleh Bapak Joko Widodo.

Ia menjelaskan, rangkaian acara Hari Nusantara diawali dengan kegiatan bakti sosial yang terdiri dari beberapa kegiatan. Diantaranya, yakni,  pelaksanaan donor darah yang dilaksanakan secara paralel di dua tempat yaitu PMI Banda Aceh dan Rumah Sakit Zainal Abidin.

Kemudian dalam kegiatan bakti sosial ini Kementerian ESDM juga bekerja sama dengan BKKBN Pusat dan Provinsi Aceh dalam menyelenggarakan Pelayanan Keluarga Berencana yang dilaksanakan di Hutan Kota BMI,  Desa Tibang,  Kecamatan Syiah Kuala,  Banda Aceh.

Kegiatan selanjutnya adalah pembangunan Balai Latihan Kerja(BLK)  wilayah Neuhen yang secara simbolis akan diawali dengan peletakan batu pertama dan penandatanganan prasasti BLK oleh Menteri ESDM yang diwakili oleh Kepala Balitbang Kementerian ESDM. BLK yang dinamakan Rumah Gemilang Indonesia – Aceh ini merupakan bentuk CSR dari PT PLN Persero dan akan menjadi tempat pelatihan keterampilan tenaga kerja dan kerohanian bagi para pemuda/pemudi, kaum Dhuafa, antara lain Pelatihan Teknik Otomotif,  Pelatihan Desain Grafis,  Pelatihan Komputer dan Jaringan serta Pelatihan Pertanian dan Perikanan.

Jadi, jelasnya, dengan diawali dengan kegiatan bakti sosial sebagai bentuk penegasan bahwa Hari Nusantara merupakan momentum penguat semangat persatuan Bangsa Indonesia dan menunjukkan bahwa perayaan ini tidak hanya sekedar seremonial,  tetapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sementara itu, Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, secara khusus meminta kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan berskala nasional yang akan dilangsungkan di Banda Aceh tersebut.

“Mari sama-sama kita buktikan bahwa Aceh mampu berkontribusi nyata dalam penguatan kedaulatan bangsa demi suksesnya pembangunan nasional yang adil dan merata,” kata gubernur. [advertorial]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan