BEM FISIP Unsyiah Gelar Debat Nasional

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM FISIP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) bakal menggelar Indonesian Debat and Essay Competition pada 15-16 Desember 2015. Kegiatan itu akan dipusatkan di Gedung Pascasarjana Unsyiah.

Acara tersebut diikuti 15 universitas di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).

Ada juga, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Jambi (UNJA), Universitas Andalas (UNAND), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Universitas Dipoenegoro (UNDIP), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Gajah Putih (UGP), Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU), dan Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH).

Ketua panitia, Muhammad Rafi kepada kanalaceh.com, mengatakan, dari 15 universitas yang ikut perlombaan tingkat nasional tersebut, 12 tim diantaranya mengikuti debat, dan 8 tim mengikuti essay.

Lombat dan essay nasional yang bertemakan “Indonesia Dalam Wacana” akan memperebutkan piala Rektor Universitas Syiah Kuala.

Mengapa kami mengangkat tema Indonesia Dalam Wacana? Menurut kami Indonesia terlalu banyak pengamat dan mereka hanya memberikan wacana-wacana saja atas masalah yang terjadi. Tidak ada suatu tindak lanjut,” kata Rafi.

Untuk juri sendiri, sambung Rafi, diambil dari pihak para akademisi Unsyiah yang berlisensi A.

Ketua BEM FISIP Unsyiah, Putra Rizki Youlan menjelaskan tujuan dibuat acara nasional ini adalah untuk menjadikan kampus FISIP Unsyiah sebagai laboratorium ilmu sosial dan ilmu politik Indonesia.

Nantinya hasil dari perlombaan tersebut, kata Anto, akan direkom untuk pemerintah Indonesia dan pemerintah Aceh dalam melaksanakan tugasnya.

Kita sebagai institusi ilmu sosial dan ilmu politik bisa bekerja berdampingan dengan pemerintah untuk mendiskusikan segala polemik yang ada,” harap Anto.

Untuk diketahui, pembukaan Indonesian Debat and Essay Competition akan digelar di gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Senin (14/12) pukul 20.00 WIB. Akan menampilkan berbagai kesenian Aceh tradisional dan modern, kolaborasi Didong dan Saman, seni tutur PMTOH dan masih banyak lainnya. Serta akan ada penyerahan penghargaan kepada salah satu seniman Aceh L.K. Ara. [Aidil Saputra]

Related posts