Ridwan Kamil Bilang, Aceh Rumah Keduanya Setelah Bandung

Ridwan Kamil Bilang, Aceh Rumah Keduanya Setelah Bandung
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto dan Walikota Banda Aceh, Illiza Saaduddin djamal serta Rektor Unsyiah Banda Aceh, Syamsul Rizal. Foto HABADAILY.COM

Banda Aceh – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil atau yang kerap disapa Kang Emil mengungkapkan bahwa Aceh merupakan rumah keduanya, setelah Kota Bandung, Jawa Barat.

Kedekatan emosional Ridwan Kamil dengan Aceh memang sangat erat. “Karena itu saya ada emosi dan cinta di Aceh,” katanya saat menjadi pemateri pada seminar nasional dalam rangka peringatan 11 tahun tsunami di AAC Dayan Dawood Unsyiah, Banda Aceh, Sabtu (26/12/2015), seperti dirilis aceh.tribunnews.com.

Kang Emil adalah arsitek pembangunan Museum Tsunami Aceh, yang saat ini berdiri megah dan menjadi kebanggaan rakyat Aceh.

Ridwan Kamil Bilang, Aceh Rumah Keduanya Setelah Bandung

“Proyek tersulit dalam karya saya ketika menciptakan proyek museum Tsunami Aceh. Waktu mendesain banyak air mata tumpah dan melahirkan karya ini,” sebutnya.

Karya fenomenal Kang Emil itu selanjutnya dikenal dengan“Rumah Aceh as Escape Hill”. Melalui Museum itu, Sang Maestro menyajikan desain dan ilustrasi yang luar biasa.

Di kampus ‘Jantoeng Hate Rakyat Aceh” Darussalam, Kang Emil yang mengenakan kupiah Meukutop, turut memaparkan proyek yang dirintisnya dan beberapa program unggulan pembangunan Kota Bandung. [taufik]

Related posts