YARA Akan Kawal Kesepakatan Din Minimi

Din Minimi (Ist)
Din Minimi (Ist)

Banda Aceh (Kanal Aceh) – Terkait dengan komitmen yang disepakati oleh Din Minimi dengan Kepala Badan Inteligen Negara (BIN), Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mengatakan akan mengawal komitmen yang dulu disepakati pada awal Din Minimi meminta YARA mengadvokasi Din Minimi.

Dalam rilis yang diterima media, YARA mengatakan bahwa komitmen tersebut yaitu meminta agar proses reintegrasi kombatan dilakukan secara menyeluruh kepada seluruh kombatan bersenjata, maupun sipil GAM sesuai dengan MoU Helsinki, pimpinan GAM dan Pemerintah Aceh agar memberikan perhatian kepada korban konflik, serta merehabilitasi hak-hak korban konflik, pemerintah Aceh dan RI segera merealisasikan butir-butir MoU Helsinki termasuk pembentukan Komisi Bersama Penyelesaian Klaim yang sedang digugat oleh YARA, dan meminta kepada aparat kepolisian dan TNI untuk menghormati perjuangan Din Minimi dkk. dalam menuntut keadilan dalam bingkai perdamaian yang telah ditandatangani di Helsinki.

YARA mengatakan Pemerintah Aceh dan Pusat harus melihat bahwa lahirnya perlawanan Din Minimi cs karena ketidakadilan yang mereka dapatkan sehingga harus mengangkat senjata kembali, dan berharap agar hal tersebut tak terulang kembali. YARA berharap agar kesepakatan tersebut ditanggapi dengan serius untuk dilaksanakan dan Din Minimi juga bertanggung jawab akan hal yang telah terjadi. []

Related posts