Gubernur Ajak KNPI Jadi Inspirator Kreativitas Pemuda Aceh

DSC_4456
Sekda Aceh, Dermawan didampingi Ketua KNPI Aceh, Jamaluddin menyerahkan penghargaan kepada Pemenang Kategori Pemuda Berprestasi, Nanda Feriana pada Malam Apresiasi KNPI Aceh Award 2015 di Amel Convention Center, Banda Aceh, Rabu (23/12) malam (foto: Dok. Humas Aceh)

Banda Aceh (Kanal Aceh)Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengajak Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh menumbuhkembangkan semangat kreatif di kalangan elemen pemuda Aceh misalnya melalui pelatihan keterampilan usaha. Apalagi persaingan dan tantangan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) semakin kompetitif dan kompleks.

Harapan ini disampaikan Zaini dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Dermawan pada acara Malam Puncak Anugerah KNPI Aceh Award 2015 di Amel Convention Center, Banda Aceh, Rabu (23/12) malam.

Dermawan dalam sambutannya mengapresiasi langkah pemberian penghargaan yang dimotori oleh KNPI Aceh. Menurutnya, pemberian anugerah ini dapat menjadi stimulus agar pemuda terus berkarya di tengah-tengah masyarakat Aceh. “Ini juga sebagai bentuk dukungan bagi gerakan perubahan yang dimotori pemuda di tengah-tengah masyarakat,” kata Dermawan.

Bahkan, Pemerintah Aceh berharap Malam Apresiasi KNPI Award menjadi agenda tetap KNPI Aceh setiap tahunnya. KNPI telah melahirkan sejumlah tokoh yang berperan penting bagi pembangunan Aceh. Namun tugas itu belum selesai dan tidak akan pernah selesai.

“Itu sebabnya pemuda dituntut memiliki kepekaan dan kepeloporan yang tinggi. Pemuda Aceh juga diharapkan mampu menggalang persatuan dan kesatuan dengan mengkonsolidasikan semua potensi yang ada,” ujar Dermawan.
Ketua panitia Malam Apresiasi KNPI Aceh Award 2015, Kurdinar mengatakan ada tiga kategori apresiasi yang diberikan KNPI Aceh.

“Ketiga kategori tersebut yaitu pemuda berprestasi, usaha binaan KNPI Aceh, dan DPD KNPI Kabupate/Kota terbaik yang akan dinilai oleh juri yang terdiri dari perwakilan media massa, akademisi, dan pihak internal KNPI Aceh sendiri,” kata Kurdinar.

Ketua DPD KNPI Aceh, Jamaluddin mengaku bersemangat dengan pelaksanaan Malam Apresiasi tersebut. Ia mengatakan bahwa hal tersebut adalah upaya yang dilakukan KNPI Aceh dalam memberikan apresiasi terhadap kreativitas pemuda dan kader KNPI di Aceh.

Konsisten Gelar Berbagai Pelatihan
Ketua DPD I KNPI Aceh, Jamaluddin mengungkapkan bahwa KNPI konsisten dalam mengembangkan kiprahnya, termasuk dalam pembinaan kalangan pemuda dan masyarakat.
Dikatakan, sebagai agen perubahan dan pelopor dalam pembaharuan, KNPI Aceh juga telah melakukan terobosan dalam mencetak wirausahawan muda.

“Misalnya, pelatihan keterampilan menjahit dan pelatihan pembuatan pakan ikan air tawar. Kita juga sudah membuat keterampilan untuk melatih pemuda-pemuda Aceh menjadi teknisi AC, kulkas dan televisi. KNPI Aceh terus berbenah dan tentunya untuk memberikan dan mempersembahkan yang terbaik untuk Aceh,” kata Jamaluddin. []

Related posts