Mentan Targetkan Swasembada Beras Tahun ini

swasembada-beras-di-kutai
Ilustrasi beras (merdeka.com)
--Ads--
loading...

Jakarta (Kanal Aceh) – Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman menargetkan tahun ini sebagai tahun swasembada beras. Untuk memuluskan target tersebut, pemerintah akan mencetak 200 ribu hektar sawah.

Di sisi lain, produksi beras tahun ini diyakini tak terganggu El Nino. Atas dasar itu, pemerintah bisa menghentikan tergantung pada impor beras.

“Selama ini kami juga tidak menjual beras impor, itu hanya untuk cadangan. Jadi kami tetap menggunakan produksi dalam negeri, produksi lokal,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (6/1).

Ads

Baca juga:

Mentan Sudah Minta Izin ke Jokowi Soal Pulau Karantina Sapi Impor

Aceh Keempat Produksi Beras Nasional


Amran memastikan pasokan beras aman tahun ini. Indikasinya, stok beras di pasar induk Cipinang mencapai 4 ribu ton per hari, lebih tinggi dari biasanya 2.500 ton per hari.

“Jadi, ada peningkatan pasokan karena ada peningkatan produksi.”

Selain itu, Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) juga masih menyimpak cadangan beras sebanyak 1,2 juta ton. Lalu, sejumlah daerah lumbung beras juga bakal memasuki musim panen, Februari mendatang. Sehingga akan memasuki musim panen pada bulan Februari yang berjumlah sekitar 1 juta hektar atau 6 juta ton.

“Ada lima daerah yang akan mengalami musim panen pada Februari, antara lain Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Aceh, dan Sulawesi Utara.” (merdeka.com)