Ratusan Turis Mancanegara Kunjungi Sabang

Ratusan Turis Mancanegara Kunjungi Sabang
Ilustrasi kapal pesiar (merdeka.com)
--Ads--
loading...

Sabang (Kanal Aceh) – Ratusan turis asal Amerika, Eropa dan Asia, penumpang kapal pesiar (cruise) MV Seven Voyager mendarat di Pelabuhan CT-1 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) di Kota Sabang, Kamis (14/1).

Kapal mewah dengan 13 deck berbendera Bahamas/Nassau dan membawa 689 turis serta 449 anak buah kapal dinahkodai Kapten Daniel Green itu, tiba di Pelabuhan Sabang, pukul 07.00 WIB.

Usai dilakukan penyambutan serimoni oleh Kepala BPKS, Fauzi Husen, ratusan turis tersebut langsung mengikuti tiga paket tour yang telah disiapkan oleh BPKS dan travel agen serta Organda Kota Sabang.

Ads

Mereka langsung memilih paket-paket tur seperti tur menggunakan bus berkeliling kota dan mengunjungi titik Nol Indonesia, kemudian paket berkeliling dengan becak-becak dan paket jalan kaki.


Baca juga:

Usai libur Sabang tetap ramai dikunjungi wisatawan

JSB Ingin Garap Potensi Pariwisata Sabang


“Mereka juga didampingi oleh guide (pemandu) dari Himpunan Pramuwisata Indonesia Kota Sabang. Jadi mereka akan mendapat penjelasan dan informasi oleh guide,” kata Fauzi Husen.

Fauzi juga mengatakan, BPKS menyiapkan kegiatan seni yang dipertunjukan kepada para tamu seperti tari Ranub Lampuan dan Saman sebagai adat Aceh yakni pemulia tamu dalam penyambutan kapal sandar.

Kapal pesiar ini perdana singgah di Pelabuhan Sabang. Kapal ini baru saja menempuh perjalanan selama dua hari dari Colombo, Srilangka,” ujar Fauzi Husen di sela-sela serimoni penyambutan yang berlangsung di Pelabuhan CT 1.

Fauzi juga menjelaskan kapal tersebut memiliki panjang 206,5 meter, lebar 28,8 meter dengan 9 lantai penumpang dan 4 lantai crew, berbobot 42.363 Gross Tonnage.

Untuk itu, Kepala BPKS berharap, cruise ini baru pertama sekali menjadwalkan kunjungannya ke Pelabuhan Sabang, dapat menjadikan pelabuhan di ujung barat Indonesia itu sebagai salah satu daerah yang akan selalu dikunjunginya.

“Karena itu, saya berharap kita dapat memaksimalkan pelayanan kepada tamu, sehingga apa yang telah dijadwalkan mereka pada tanggal 21 Januaria mendatang dapat terwujud,” ujar dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Unit Manajemen Pelabuhan, Zulkarnaini Abdulah menambahkan, kapal mewah menjadwalkan lama kunjungan ke Kota Sabang selama beberapa jam dan bertolak kembali pada pukul 17.00 WIB dengan tujuan Phuket, Thailand.

Sedangkan pelayanan lainya, Zulkarnaini mengaku bahwa pihaknya telah menyiapkan pelayanan keamanan standard ISPS-Code, sehingga dapat menciptakan rasa aman bagi awak kapal.

Selain itu, Zulkarnaini menjelaskan, sepanjang tahun 2016, setidaknya ada sekitar 15 cruise yang telah menjadwalkan kunjungannya ke pelabuhan Sabang. (antaranews.com)

Ads