Pertamina Tetapkan Harga Vi-Gas Rp5.100 per Liter

Pertamina Tetapkan Harga Vi-Gas Rp5.100 per Liter
Pertamina Vi-Gas (Sindo)

Jakarta (Kanal Aceh) – PT Garuda Indonesia melalui anak perusahaan Aeortrans menggunakan bahan bakar Liqufied Gas for Vehicle (LGV) Pertamina Vi-Gas. Bahan bakar gas ini pun memiliki Ron di atas 98. Pertamina membanderol Vi-Gas seharga Rp5.100 per liter.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan Vi-Gas merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan. Pasalnya, memiliki emisi gas buang yang rendah. Saat ini, Vi-Gas menduduki posisi ke tiga dalam penggunaan bahan bakar setelah gasoline dan solar.

“Keuntungan menggunakan Vi-Gas harga jauh lebih murah 40 persen di bawah BBM, Rp5100 per liter. Ron nya tinggi sama dengan pertamax plus. Yang pasti ramah lingkungan,”ujarnya di Kantor Garuda Indonesia, Jakarta, Jumat (15/1).


Baca juga:

Warga Aceh Besar Raih Sepmor Dari Pertamina Lubricants

Harga Minyak Dunia Turun: Sudah Waktunya Harga Premium dan Solar Turun


Menurutnya, penggunaan bahan bakar gas oleh Garuda Indonesia sebagai bentuk dukungan program pemerintah mengalihkan ke bahan bakar gas.

Secara nasional, konsumsi gas di Indonesia hanya 1 persen dibanding konsumsi BBM bersubsidi. Jadi diperlukan dukungan dalam mengonversi minyak ke gas. Meski demikian, menurut Dwi, dalam lima tahun terakhir, konsumsi Vi-Gas meningkat tajam sebesar 10 persen.

“Minat masyarakat tentu sejalan dengan peningkatan tadi. Masih banyak hal yang harus didorong, insentif lain utk penggunaan ini, kemudahan untuk peroleh converter kita,” kata Dwi. (okezone.com)

Related posts