29.8 C
Banda Aceh

Listrik di Sumut dan Aceh Padam, PLN Minta Maaf

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Medan (Kanal Aceh) – Arus listrik di Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh padam, sejak Minggu (17/1) menjelang malam tadi. Pemadaman itu akibat kerusakan pada mesin Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sicanang, Belawan. Sejumlah kawasan di Sumut-Aceh gelap gulita.

“PLN mengucapkan permintaan maaf untuk seluruh pelanggan dari Sumut-Aceh. Karena adanya gangguan yang terjadi di PLTU Belawan sehingga terjadi pemadaman,” kata Deputi Manajer Humas PLN Wilayah Sumut, Mustafrizal, Minggu (17/1) malam.

Mustafrizal mengaku, pemadaman terjadi karena dua line terputus akibat terbakar. Kondisi itu menyebabkan hampir seluruh gardu induk kehilangan tegangan.

- Advertisement -

“Terjadi gangguan di Belawan disebabkan oleh adanya kerusakan Sicanang. Ada kabel terputus karena terbakar tumpukan kayu. Line putus, beban berat sekali, makanya pembangkit off semua,” jelas Mustafrizal.


Baca juga:

Pantai Timur Aceh Gelap Gulita

PLN Aceh komit atasi krisis listrik


Namun, pihaknya tengah melakukan pemulihan sehingga diharapkan pemadaman listrik tidak berlangsung lama.

Pemadaman listrik di sejumlah titik di Sumatera Utara terjadi dari pukul 18.00 WIB. Hingga berita ini diturunkan, sejumlah kawasan masih merasakan gelap gulita.

“Pemulihan bertahap, ini langsung dikerjakan, daerah yang sudah dialihkan bisa disuplay dari gardu lain. Petugas masih bekerja malam ini. Mudah-mudahan pemadaman tidak lama,” urainya.

Kebakaran Pabrik Kayu
Manajer Senior Public Relations, Agung Murdifi melalui siaran pers, Minggu (17/1) mengatakan, pemadaman disebabkan kebakaran pabrik kayu PT Canang Indah yang berada persis di bawah kabel Saluran Udara tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV).

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang diakibatkan keadaan ini,” kata Agung.

Kebakaran terjadi pada pukul 18.40 WIB di pabrik kayu PT Canang Indah yang berada diantara Tower 3 dan 4.

Kebakaran tersebut menyebabkan putusnya kabel Saluran Udara tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) Belawan-Binjai yang menyalurkan daya dari Pembangkitan Belawan ke sistem Sumatera Bagian Utara.

“Kebakaran ini menyebabkan seluruh pembangkit di Belawan tidak dapat beroperasi. Akibatnya sistem kelistrikan yang memasok Sumatera Utara dan Aceh mengalami padam kecuali untuk Gardu Induk (GI) Inalum dan GI Sei Rotan,” terang Agung.

Proses pemulihan arus listrik diperkirakan membutuhkan waktu sekitar enam jam. Menurut dia, SUTT yang terganggu belum dapat dinormalkan, karena api masih berkobar dan belum bisa dipadamkan.

“Saat ini kami melakukan penormalan bertahap dengan menormalkan Pembangkit Belawan selanjutnya melalui SUTT 150 kV Belawan-Payapasir-Payageli-Binjai lalu membangkitkan PLTU Pangkalan Susu dan Sistem Aceh,” paparnya. (waspada.co.id)


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

10 cara menghilangkan rasa malu

(KANALACEH.COM) - Rasa malu biasa muncul ketika kita berada di lingkungan yang baru atau ketika kita sedang berada di keramaian. Sebenarnya rasa pemalu adalah...

Tertawa Berlebihan, Mematikan Hati?

Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah kalian banyak tertawa karena banyak tertawa akan mematikan hati” (HR At-Tarmizi). Islam memang mensyariatkan kaum Muslim untuk banyak tersenyum karena senyum...

Sejarah Islam: Ada Apa di Balik Nama Madinah?

(KANALACEH.COM) - Kira-kira pada 622 Masehi, penduduk kota ini amat sangat bersuka cita. Mereka menerima kehadiran Nabi Muhammad SAW yang berhijrah dengan sahabatnya, Abu...

Sultan Manshur Syah, Pelopor Kebangkitan Aceh Abad XIX

Perjanjian Belanda-Aceh pada tahun 1857 M yang isinya sangat jelas mengikat kaki Belanda agar tetap menjaga baik hubungan dengan Aceh dan tidak boleh menjajahnya,...

Berita Terbaru