Ketahui 9 Kesalahan Ini Sebelum Anda Nge-Gym

Ketahui 9 Kesalahan Ini Sebelum Anda Nge-Gym
gambar: ilustrasi

Jakarta – Beberapa dari kita yang nge-gym alias berolahraga di pusat kebugaran, kadang tidak begitu memperhitungkan dan memperhatikan hal-hal kecil yang ternyata penting buat mereka. Nah, kira-kira apa saja sih kesalahan yang biasanya kita lakukan saat nge-gym?

1. Kekurangan Waktu Istirahat

Kalau kamu cuma fokus di angkat beban tanpa memperhatikan jam istirahatmu, jangan harap kamu bisa mendapatkan hasil yang optimal. Ingat, pertumbuhan otot terjadi bukan pada saat otot dipakai beraktivitas, justru saat otot beristirahat.

2. Tidak Tahu Batas Kemampuan Tubuh

Menantang diri sendiri tentu boleh dilakukan, tapi anda juga harus paham betul batas kemampuan tubuhm anda sendiri. Jangan memaksakan diri mengangkat beban lebih dari kemampuanmu karena overtraining bisa merugikan tubuh diri sendiri.

3. Lupa Memasukkan Program Kaki Saat Latihan

Apakah anda terlalu fokus latihan untuk upper body? Jangan lupakan kaki sebagai fondasi tubuh anda. Memang upper body penting, tapi kalau badan bagian atas sudah terbentuk indah dan kaki jadi kecil, apakah enak dipandang?

4. Terlalu Bergantung Pada Suplemen

Suplemen makanan saat fitness adalah hal yang penting, namun jangan tergantung dengan suplemen karena tugasnya sekadar sebagai penunjang kebutuhan nutrisi yang kurang. Di beberapa kasus, ada orang yang menjadi tidak semangat saat latihan ketika dia tidak mengonsumsi suplemen.

5. Minim Latihan Kardio

Penting untuk diingat, kardio bukan cuma buat orang yang kelebihan berat badan lho! Latihan kardio itu penting buat semua orang karena fungsinya adalah untuk meningkatkan kinerja jantung yang imbasnya pada peningkatan stamina

6. Tergantung pada Alat Fitness Mesin Dibandingkan Alat Manual

Biasanya kesalahan ini dilakukan oleh para pemula yang akhirnya berujung pada kebiasaan. Padahal alat fitness mesin membuat pergerakan otot jadi statis dan tidak bebas. Bila ingin mengembangkan otot, anda perlu melatih ototmu secara keseluruhan yang bisa didapat dari alat fitness manual.

7. Latihan Tidak Terpogram

Bagi yang sudah memakai jasa personal trainer, berbahagialah. Tapi bagi yang tidak menggunakan jasa personal trainer, susunlah program yang dapat memotivasi diri anda sendiri untuk latihan terus menerus sampai membuahkan hasil.

8. Teknik Latihan Tidak Benar

Perlu diingat juga bahwa fitness bukan sekadar mengangkat beban, tapi teknik mengangkat beban juga memegang peran yang besar. Selain untuk menghindari cedera, anda juga bakalan mengerti otot mana yang dilatih saat melakukan latihan tertentu.

9. Terlalu Banyak Pengalih Perhatian

Tempat fitness isinya kan bukan cuma kaum Adam saja, terkadang fokus anda bisa bergeser dari mengejar bentuk tubuh ideal menjadi mengejar cewek-cewek cantik tersebut. Jangan cuma gara-gara ingin merebut perhatian cewek, anda jadi mengangkat beban yang lebih berat dari biasanya lho ya!

sumber (idntimes)

Related posts