Nikon Batalkan Kemenangan Foto Editan

Nikon Batalkan Kemenangan Foto Editan
Foto Chay Yu Wei yang diikutkan dalam kompetisi Nikon (@yuuuuuwei)

Singapura (KANALACEH.COM) – Nikon membatalkan pemenang kompetisi fotografi amatir setelah mendapat banyak kecaman di media sosial terkait foto yang jelas-jelas diedit.

“Lihat ke atas”, begitu judul foto jepretan Chay Yu Wei, yang menunjukkan gambar pesawat terbang di atas sebuah gedung.

Nikon dan Chay akhirnya meminta maaf setelah ribuan orang mengatakan bahwa foto itu tidak asli, tetapi diedit.

“Kami melakukan kesalahan dan respons yang besar dari komunitas hari ini mengingatkan kami bahwa semangat sejati fotografi sangat hidup,” kata Nikon dalam akun Facebooknya.

Terungkap juga bahwa ada foto pesawat itu ternyata mirip dengan foto yang diunggah di Instagram oleh seseorang fotografer Singapura Lee Yik Keat satu tahun lalu.

Lee Yik Keat mengatakan kepada BBC bahwa dia tidak bisa menyimpulkan apakah Chan Yu Wei mengambil fotonya, tetapi itu adalah komposisi foto yang dibuatnya.

Foto yang diunggah Lee Yik Keat setahun lalu (@leeyikkeat)
Foto yang diunggah Lee Yik Keat setahun lalu (@leeyikkeat)

 

Berikut kronologi bagaimana foto editan itu terkuak:

• 11 Januari – Nikon Singapura mengumumkan kompetisi fotogarafi amatir di Facebook. Persyaratan kompetisi menyebut bahwa karya harus orisinil, walau tidak secara spesifik melarang editing. Chay, yang memiliki akun @yuuuuuwei, menggunggah foto yang dimasukkan dalam kompetisi. Sepekan kemudian, seorang pengguna Instagram bertanya berapa lama Anda menunggu pesawat itu untuk muncul? Chay menjawab, “Tidak terlalu lama, saya beruntung.”

• 28 Januari – Chay diumumkan sebagai pemenang oleh Nikon. Namun setelah itu, orang mulai mempertanyakan foto Chay, karena dengan mengubah sedikit level warna di Photoshop, akan terlihat jelas ada kotak di sekeliling pesawat, mengindikasikan bahwa gambar pesawat ditempel ke gambar asli.

• 30 Januari – Nikon mengunggah pernyataan maaf, “kami tidak akan berkompromi soal standar walau hanya untuk kontes foto biasa.” Malamnya, Chay juga mengunggah permintaan maaf di Instagram.

[BBC Indonesia]

Related posts