Karyawan KKA Demo Tuntut Pelunasan Gaji

Karyawan KKA Demo Tuntut Pelunasan Gaji
Ilustrasi Kertas Kraft Aceh (Ist)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Ratusan karyawan PT Kertas Kraft Aceh (KKA) di Desa Jamuan, Kabupaten Aceh Utara, menuntut perusahaan agar melunasi tunggakan gaji mereka selama lima bulan.

Salah seorang karyawan PT KKA, Abu Bakar mengatakan, sekitar seratusan pekerja di perusahaan kertas tersebut sudah lima bulan tidak dibayar gajinya, sehingga para pekerja terpaksa melakukan unjuk rasa.

Dalam unjuk rasa tersebut, ratusan pekerja memblokir pintu masuk ke pabrik PT KKA, sambil membentangkan spanduk yang bertuliskan “Pak Dirut PT KKA kami lapar”.

“Perusahaan harus segera membayar gaji kami, jangan sampai tunggakan gaji terus berlanjut dan cukup sampai lima bulan saja. Kami sudah lelah seperti ini, hasil jerih yang sudah bekerja perusahaan tersebut tidak dihargai,” ujar Abu Bakar kepada wartawan di Desa Jamuan, Kecamatan Banda Baro, Jumat (5/2).

Abu Bakar menambahkan, meski pun gaji belum dibayar, para pekerja masih setia terhadap perusahaan dan tetap masuk kerja. Walau segala kebutuhannya tidak bisa terpenuhi dengan baik.

Jika perusahaan masih tetap tidak melunasi gaji tersebut, maka pekerja akan melakukan mogok selama batas waktu yang tidak ditentukan. Apabila gaji tersebut sudah dilunasi, maka baru bisa kerja kembali.

“Kalau gaji belum dilunasi, maka kami akan melakukan mogok sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Kami tidak menuntut banyak, yang kami ingin hanya gaji dibayar lunas,” tegas Abu Bakar.

PT KKA merupakan perusahaan penghasil kertas milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dibangun pada 1985. Pabrik mulai beroperasi pada 1989 dan berproduksi secara komersil pada 1990. Karena keterbatasan bahan baku gas, pada 31 Desember 2007 perusahaan tersebut berhenti beroperasi. [Wol]

Related posts