Mantan Sekjen FIFA diskors 12 tahun

Mantan Sekjen FIFA diskors 12 tahun
Mantan sekretaris jenderal FIFA, Jerome Valcke (AP)

Zurich (KANALACEH.COM) – FIFA melarang mantan sekretaris jenderalnya, Jerome Valcke, untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sepakbola selama 12 tahun.

Dewan etika independen badan tersebut juga mendenda pria berusia 55 tahun itu sebesar £70.800 atau Rp1,3 miliar setelah dilakukannya penyelidikan terkait pelanggaran penjualan tiket Piala Dunia.

Selama penyelidikan, kemungkinan pelanggaran lain muncul, terkait dengan ongkos perjalanan. Pengacara Valcke mengatakan kliennya ” sama sekali tidak melakukan kesalahan.”

“Lewat keputusan hari ini, dewan etika FIFA telah menunjukkan diri sebagai sebuah badan yang tidak kredibel, independen dan pengambil keputusan yang objektif,” kata pengacaranya.

Pada bulan September 2015, Valcke diberikan cuti dan dibebaskan dari tanggung jawabnya setelah FIFA “diberitahu tentang serangkaian tuduhan” yang ditujukan kepadanya.

Valcke juga dituduh berpeluang terlibat dalam pada penyuapan sebesar US$10 juta terhadap Jack Warner, bekas presiden federasi sepakbola Amerika Utara dan Tengah (CONCACAF) sebagai imbalan atas suaranya menunjuk Afrika Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2010. [BBC Indonesia]

Related posts