Disdikpora Aceh Utara utus pengawas ke SMA dan SMK

Disdikpora Aceh Utara utus pengawas ke SMA dan SMK
Ilustrasi siswa mengikuti UN (Antara Foto)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Untuk meningkatkan angka lulusan Ujian Nasional (UN) dan prestasi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Dinas Pendidikan Nasional dan Olahraga (Disdikpora) Aceh Utara mengutus pejabat dinas dan pengawas kabupaten ke setiap sekolah SMA dan SMK di kabupaten tersebut.

Kepala Disdikpora Aceh Utara, Saifullah mengatakan hal itu dilakukan untuk menyosialisasikan persiapan siswa dan guru menjelang UN nanti. “Program ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran remedial serta membahas materi dan soal-soal yang akan diberikan dalam UN nanti,” kata Saifullah kepada Kanal Aceh di Aceh Utara, Senin (15/2).

Selain itu, kata Saifullah, Disdikpora Aceh Utara juga gencar menggelar uji coba atau try out untuk siswa SMA dan SMK untuk mengukur kemampuan standar kompetensi lulusan (SKL) siswa.

“Berdasarkan try out ini nantinya guru bisa mendata dan melihat langsung, mata pelajaran apa yang lemah, pasti kemampuan setiap sekolah akan berbeda. Misalnya di sekolah A Matematika tinggi dan di sekolah Bahasa Inggris lebih tinggi nilainya, berdasarkan ini bisa dievaluasi,” ujar Saifullah.

Disdikpora Aceh Utara turut juga menyosialisasikan penggunaan sistem lembar jawaban komputer (LJK) agar siswa yang ikut UN nanti sudah terbiasa sehingga tak ada lagi para peserta UN yang salah mengisi jawaban di lembaran tersebut.

“Ini bagian yang sangat penting juga, agar para siswa harus terbiasa dengan menjawab di lembaran khusus yang digunakan saat UN nanti dengan sistem komputer,” tambah Saifullah.

Saifullah mengharapkan dukungan masyarakat dan wali siswa agar selalu mengawasi siswa saat berada di luar sekolah. Menurutnya, siswa harus tetap belajar meski sedang tidak di sekolah.
“Ini juga sangat berpengaruh terhadap capaian nilai saat UN nantinya,” ujarnya. [Rajali Samidan]

Related posts