Ribuan peserta ikuti seleksi petugas sensus BPS Aceh Utara

Ribuan peserta ikuti seleksi petugas sensus BPS Aceh Utara
Peserta mengikuti seleksi tertulis petugas sensus ekonomi BPS Aceh Utara di Gedung Olahraga (GOR) dan Balai Panglateh, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (17/2) (Kanal Aceh/Rajali Samidan)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Ribuan peserta mengikuti seleksi tertulis untuk direkrut sebagai petugas sensus ekonomi Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Utara di Gedung Olahraga (GOR) dan Balai Panglateh, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (17/2).

Rekrutmen tersebut dilakukan BPS Aceh Utara untuk menyukseskan pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016 (SE2016). Para petugas sensus ekonomi nantinya akan ditempatkan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Utara.

Saat ini, BPS Aceh Utara membutuhkan 551 petugas sensus ekonomi. Kepala BPS Aceh Utara, Hamdani menyebutkan, sebanyak 4.753 pelamar telah mendaftarkan diri kepada BPS Aceh Utara. Dari jumlah tersebut, 3.121 peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti tes tertulis dan tes wawancara.

“Mereka inilah yang sekarang kita lakukan tahapan seleksi tertulis hari ini,” ujar Hamdani.

Hamdani menjelaskan, ujian dilakukan dalam tiga tahapan. Gelombang pertama mengikuti ujian sejak pukul 09.00 hingga 10.00 WIB. Gelombang kedua dilaksanakan pada pukul 11.00 hingga 12.00 WIB, dan gelombang ketiga pada pukul 14.00 sampai dengan 15.00 WIB.

“Tahapan yang dilaksanakan hari ini masih tahap ujian tulis. Nanti akan mengikuti tahapan berikutnya, yaitu tahapan wawancara,” terang Hamdani.

Para peserta yang lulus, kata Hamdani nantinya akan diberikan pelatihan khusus. Mereka akan dilatih bagaimana cara pengisian dokumen, pemahaman konsep yang berkaitan dengan sensus, dan perihal lainnya tentang teknis pendataan di lapangan.

“Bagi yang lulus nanti, peserta juga akan dipekerjakan selama satu bulan yang dimulai pada bulan Mei mendatang. Maka diharapkan kepada peserta agar dapat mengikuti setiap tahapan seleksi secara tertib,” kata Hamdani. [Rajali Samidan]

Related posts