52 komunitas ikut Gerakan Banda Aceh Bersih

52 komunitas ikut Gerakan Banda Aceh Bersih
Logo Gerakan Banda Aceh Bersih (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 52 komunitas di Banda Aceh melaksanakan Gerakan Banda Aceh Bersih di kawasan Darussalam dan Alue Naga, Banda Aceh. Aksi itu dilakukan untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan serentak dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, Minggu (21/2).

Koordinator Gerakan Banda Aceh Bersih, Fauca K Ramadhan, menyebutkan 800 komunitas di seluruh Indonesia terlibat aksi ini. Tujuan dari aksi tersebut agar Indonesia bebas dari sampah pada 2020 mendatang.

Lanjut Fauca, sekitar 500 orang dari 52 komunitas di Banda Aceh akan memungut sampah berupa botol kaca, botol plastik, kaleng, puntung rokok, styrofoam, tisu, kertas, dan kardus.

Usai memungut sampah di kawasan Darussalam dan Alue Naga, sambung Fauca, direncanakan akan melakukan deklarasi 52 komunitas yang berpartisipasi dalam aksi tersebut oleh Wali Kota Banda Aceh di Hutan Kota, Tibang, Banda Aceh.

“Dengan adanya gerakan ini, kita melihat, di Aceh sendiri komunitas memiliki tingkat kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan. Dan alhamdulillah pemerintah mendukung aksi ini,” kata Fauca di Banda Aceh, Sabtu (20/2/).

Lebih lanjut Fauca mengatakan, kegiatan tersebut sebenarnya sudah direncanakan sejak Januari 2016 lalu setelah menerima email dari komunitas di pusat mengenai ajakan untuk berpartisipasi dalam aksi bebas sampah nasional.

“Jadi sebenarnya komunitas ini bergerak supaya Banda Aceh bebas sampah,” ujarnya. [Aidil Saputra/rel]

Related posts