IKAT Langsa siap bimbing pelajar baca Alquran di Aceh Tamiang

Aceh akan gelar seni PAI tingkat nasional
Ilustrasi siswa membaca Alquran (Antara Foto)

Langsa (KANALACEH.COM) – Menanggapi pemberitaan yang menyebutkan sekitar 30 persen pelajar di Aceh Tamiang belum bisa membaca Alquran, Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Langsa menyatakan siap membimbing dan ikut serta memberantas permasalahan tersebut.

Ketua IKAT Langsa, Fakhrurrazi mengatakan ia sudah berkoordinasi dengan IKAT Aceh di Banda Aceh untuk berpartisipasi memberikan bimbingan dan pembelajaran bagi para pelajar yang belum bisa membaca Alquran di Aceh Tamiang.

“Kita sudah koordinasi dengan Tgk M Fadhil, Ketua IKAT Aceh di Banda Aceh mengenai kesiapan partisipasi dan tim tahsin (pengajar) sudah menyatakan siap,” ujar Fakhrurrazi kepada Kanalaceh.com di Langsa, Sabtu (27/2).

Menurut Ustaz Pero, sapaan Fakhrurrazi, salah satu kemampuan dan keterampilan para alumni Timur Tengah yaitu dalam hal baca tulis Alquran.

“IKAT sudah pengalaman mengadakan beberapa kali pelatihan tahsin dan tajwid Alquran, baik di banda aceh mau pun di kabupaten/kota,” tambahnya.

Ustaz Pero mengaku selain para ahli tahsin yang sudah mendapatkan pengakuan dari para syeikh ahli qiraat di Timur Tengah, IKAT juga sudah memiliki buku atau modul panduan yang sekarang mulai diminati berbagai lembaga.

“Jadi tidak ada masalah dalam hal SDM mau pun SDA. Mungkin, inilah bentuk kecil dari konstribusi kami untuk Aceh,” kata Ustaz Pero.

Sebelumnya diberitakan sekitar 30 persen pelajar di Aceh Tamiang belum bisa membaca Alquran, seperti dilansir Serambi Indonesia.

Hal itu diketahui berdasarkan hasil analisis yang dilakukan Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Tamiang terhadap siswa kelas 5-6 SD, serta pelajar SMP dan SMA di kabupaten itu beberapa waktu lalu. [Rajali Samidan]

Related posts