Danrem 011/LW cetak 1075 sawah baru di Aceh Utara

Danrem 011/LW cetak 1075 sawah baru di Aceh Utara
Pembukaan sawah baru untuk petani di Desa Blang Aman, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Kamis (3/3). (Kanal Aceh/Rajali Samidan)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara merasa terbantu dengan adanya program pencetakan sawah baru oleh Danrem 011/ Lilawangsa dan Muspida Aceh untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten II Setdakab Aceh Utara, Abdul Azis saat menghadiri acara pembukaan sawah baru untuk petani Aceh Utara tahun 2016 di Desa Blang Aman, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Kamis (3/3).

“Kegiatan ini sangat berharga bagi masyarakat Aceh Utara yang mayoritas berprofesi sebagai petani,” ujarnya di Lhoksukon, Kamis (3/3).

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Peternakan (Distanak) Aceh Utara, Jafar mengatakan kegiatan pencetakan sawah baru tersebut direncanakan akan diperuntukkan bagi 11 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara.

Ia menyebutkan pencetakan sawah baru itu untuk tahun ini, hanya diperluas 1.075 hektare dari 2.000 hektare yang dialokasikan.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan swasembada pangan yang merupakan program pemerintah. Terima kasih kepada TNI yang telah mendukung program ini,” kata Jafar.

Ia menyatakan Pemkab Aceh Utara akan mendukung program ini untuk kemajuan masyarakat Aceh Utara yang ditargetkan dalam 1 hektar bisa menghasilkan 6 ton padi.

Danrem 011/Lilawangsa, kolonel Inf Agus Purwanto mengatakan kebanyakan lahan di Kabupaten Aceh Utara saat ini masih banyak berstatus lahan tidur.

“Karena itu, di tingkat pusat sudah ditandatangani MoU (kesepakatan) antara Menteri Pertanian dan Panglima TNI untuk menggarap lahan tidur supaya dikelola menjadi sawah baru agar menambah pendapatan daerah,” sebutnya. [Rajali Samidan]

Related posts