Ingin lihat gerhana matahari datanglah ke TDMRC

Jangan rekam peristiwa gerhana matahari pakai Smartphone
ilustrasi foto

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Fenomena alam gerhana matahari total, yang terjadi tiap 33 tahun sekali, akan jatuh pada Rabu (9/3) di seluruh belahan dunia.

Warga Banda Aceh yang ingin menyaksikan fenomena langka tersebut, dapat datang ke gedung Tsunami Disaster Mitigation Research Centre (TDMRC) Unsyiah, yang terletak di Ule Lheu.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BMKG, Stasiun Mata Ie, Erdawati, Senin (6/3) di Banda Aceh. Dilanjutkannya, pihaknya sendiri, akan menyediakan fasilitas kepada warga yang ingin melihat fenomena alam tersebut.

“Jika ada yang ingin melihat gerhana matahari, silahkan datang ke TDMRC, kami menyediakan fasilitasnya,” ujarnya.

Dijelaskannya, selain menyediakan fasilitas, pihaknya juga menggelar acara nonton bareng gerhana matahari total tersebut, dan kepada warga yang ingin datang, dapat hadir pada Rabu, 9 Maret 2016, pada pukul 06.00 WIB di TDMRC.

Menurutnya, sesuai dengan perkiraan, gerhana matahari akan terjadi di belahan bumi Aceh pada pukul 06.20-06.45 WIB, dan untuk itu kita sudah pasang teropong pemantau. “Secara aturan, warga tidak diperkenankan melihat gerhana dengan mata telanjang,” katanya. [Saky]

Related posts