Gubernur Zaini Tawarkan Kerjasama Aceh – Jepang

Gubernur Zaini Tawarkan Kerjasama Aceh - Jepang

Jepang (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah, sore tadi, Rabu (8/3) bertemu Ketua Parlemen jepang, Nikai Tashiro dan Wakil Menteri Hitoshi Kikawada di Tokyo, Jepang.

Pertemuan berlangsung lebih dari satu jam, dan membahas kerjasama investasi, sektor kesehatan dan situasi keamanan Aceh.

Gubernur Zaini Abdullah yang turut didampingi Rektor Unsyiah Prof Syamsul Rizal dan Kepala Bainprom Aceh Anwar Muhammad, menawarkan kerjasama dibidang kesehatan, terutama kursus dokter spesialis jantung.

Pemerintah Aceh juga berharap kerjasama disektor ketenagakerjaan terjalin dengan baik khususnya terkait magang pekerja Aceh di negeri Sakura tersebut.” Dalam hal ini kita meminta kepada Pemerintah Jepang agar menambah dan memperbesar quota magang Pemuda Aceh di Jepang” jelas Gubernur.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat itu, Wakil Menteri sempat menanyakan persoalan keamanan di laut Aceh, atau masalah perompak.

Terkait pertanyaan tersebut, Gubernur menjelaskan, bahwa keamanan di Aceh sudah sangat kondusif. Zaini Abdullah juga menegaskan Aceh aman untuk investasi. “Dan yang lebih penting adalah Aceh  memiliki kewenangan khusus, untuk bekerja sama dengan luar negeri tanpa harus melalui Pemerintah Pusat, dan itu dijamin oleh undang-undang kekhususan Aceh. (adv)

Related posts