Pemerintah diminta dukung Sabang sebagai kota wisata

Pemerintah diminta dukung Sabang sebagai kota wisata
Acara Convergence Meeting Pengembangan Tatakelola Destinasi Pariwisata Sabang di The Pade Hotel, Banda Aceh, Kamis (10/3). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sabang, Sofyan Adam mengatakan Pemerintah Aceh harus fokus dalam membangun Kebijakan Kota Sabang sebagai objek wisata.

Hal tersebut disampaikan Sofyan dalam acara Convergence Meeting Pengembangan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Sabang di The Pade Hotel, Banda Aceh, Kamis (10/3).

“Pariwisata adalah kebijakan pembangunan daerah. Karena itu, Sabang sebagai kota pariwisata wajib kita dukung, karena Aceh maju salah satunya juga karena Sabang,” sebutnya.

Ia mengatakan telah menempuh berbagai cara untuk mempromosikan Sabang sebagai kota wisata. Salah satunya melalui promosi yang dilakukan pegawai negeri sipil (PNS) Sabang.

“Setiap PNS di Sabang gencar mempromosikan wisata melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan media lainnya,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Reza Fahlevi menyebutkan saat ini Sabang telah memiliki 8 objek wisata andalan. Sementara jumlah pengunjung di Sabang pada 2015 mencapai 629.217 orang.

“Jumlah wisnu (wisatawan nusantara) sebanyak 623.635 dan wisman (wisatawan mancanegara) 5.582 orang,” katanya.

Reza mengatakan tahun ini ada 11 kapal pesiar yang akan mendarat di Sabang. “Di antaranya Artania pada bulan April, Pasific Eden pada Agustus, Silver Discoverer, dan kapal pesiar lainnya” ujar Reza.

Reza mengatakan mayoritas wisman memilih untuk berwisata di Iboeh. Karena itu, pelayanan dan fasilitas objek wisata di Sabang harus difokuskan di sana.

“Turis mancanegara kumpulnya di Iboeh. Jadi Iboeh harus menjadi titik fokus terkait pelayanan dan fasilitasnya.” [Fahzian Aldevan]

Related posts