Ratusan napi Rutan Idi diserang ispa

Ratusan napi Rutan Idi diserang ispa
Ilustrasi narapidana (inphotos.org)

Idi (KANALACEH.COM) – Penyakit inspeksi saluran pernafasan (ispa) menjadi penyakit yang mayoritas diderita ratusan narapidana (napi) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Cabang Idi, Kabupaten Aceh Timur.

“Hasil pemeriksaan rutin para warga binaan di sini mengalami tiga penyakit, yakni ispa, dermatis, dan hipertensi. Tapi mayoritasnya mereka mengalami penyakit ispa,” kata dr Mayasari di sela-sela pemeriksaan kesehatan napi di Rutan Idi baru-baru ini.

Ketika disinggung penyebabnya, Mayasari mengatakan akibat cuaca yang selama ini tidak mendukung keberadaan napi yang mayoritas menghuni kamar di luar kapasitas.

Kepala Rutan Cabang Idi, Yusnaidi SH, menambahkan 378 napi yang menjalani pemeriksaan kesehatan disana dilakukan untuk seluruh penghuni rutan dalam berbagai kasus.

“Kegiatan ini berlangsung karena terjalinnya kerjasama yang baik dan peran aktif pemerintah di bawah Dinas Kesehatan dalam menyongsong pelayanan kesehatan terhadap napi,” ujarnya.

Yusnaidi berharap kegiatan tersebut terus berlanjut secara efektif demi terwujudnya warga binaaan yang sehat, baik fisik dan mental. Dirinya meminta karena klinik yang ada di dalam rutan belum tersedia dokter, kecuali tenaga keperawatan.

Diharapkan Pemkab Aceh Timur menempatkan dokter umum secara bergantian setiap hari kerja untuk mendukung pelayanan kesehatan terhadap ratusan napi.

“Ini karena warga binaan yang menjalani masa hukuman, banyak menderita berbagai penyakit bawaan,” kata Yusnaidi. [Wol]

Related posts