SAHC akan adakan Expo Seni di Aceh Selatan

SAHC akan adakan Expo Seni di Aceh Selatan
Ilustrasi penampilan musik (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – South Atjeh Hiphop Community (SAHC) akan melaksanakan kegiatan Expo Seni Aceh yang dijadwalkan pada 8-9 Juli 2016 mendatang di Taman Reklamasi Tapaktuan, Aceh Selatan.

Event seni yang mengangkat tema Mahakarya Putra-Putri Aceh Selatan ini diharapkan dapat menjadi wahana yang lebih produktif untuk kalangan muda, sehingga tercipta nilai-nilai yang kreatif bagi individu maupun kelompok.

Kegiatan ini nantinya akan dikemas dalam bentuk expo dengan beberapa kegiatan seperti hip-hop performance, hip hop competition, kalaborasi hiphop dengan budaya daerah, pemutaran video perjalanan SAHC, pagelaran seni, workshop, tari budaya, sosialisasi budaya, dan pameran karya seni anak muda Aceh Selatan.

Penanggung jawab SAHC, Aminullah mengatakan kegiatan tersebut digelar dengan binaan Yayasan Aceh Kreatif (AK) yang merupakan wadah mengakomodasi kreativitas pemuda di Aceh.

“Kegiatan ini diharapkan akan menjadi langkah untuk menunjang pariwasata Aceh khususnya Aceh Selatan dalam bingkai pariwisata islami. Kegiatan ini hendaknya menjadi wahana agar generasi muda dapat menyalurkan minat dan bakat secara kreatif dan inovatif tanpa narkoba,” kata Aminullah dalam siaran pers yang diterima Kanalaceh.com, Senin (14/3).

Ia menambahkan, SAHC membuka diri untuk semua pihak yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan ini karena untuk menumbuhkembangkan kreativitas generasi muda dibutuhkan keterlibatan berbagai pihak.

“Karena berbagai persoalan yang terjadi di generasi muda hari ini merupakan permasalahan kita semua. Jika ada kesenian dapat dijadikan ruang berkarya bagi anak muda, generasi muda dapat ruang untuk penyaluran hobi, minat dan bakat, kenapa tidak?” singgungnya.

Ia juga menyebutkan terkait minat dan bakat pemuda itu juga termaktub di dalam Undang-undang (UU) Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan. “Pembinaan kepemudaan dengan pola dinamis yang berorientasi kepada minat dan bakat generasi muda akan menjadi salah satu pola mengantisipasi angka penggunaan narkoba dan pergaulan bebas di kalangan muda-mudi Aceh.”

Ia berharap event ini nantinya menjadi semangat baru untuk membangun Aceh secara umum dan Aceh Selatan khususnya baik dari sektor kepemudaan maupun kepariwisataan.

“Mari kita jadikan minat dan bakat pemuda tersebut menjadi spirit dan energi baru untuk membangun Aceh ke depan dengan mewadahi berbagai kreasi dan inovasi dan melibatkan generasi muda secara partisipatif,” imbaunya. [Sammy/rel]

Related posts