Kanal Aceh masuk 10 besar media online terpopuler

Kanal Aceh masuk 10 besar media online terpopuler

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Setelah merilis daftar 20 media dalam jaringan (daring) atau online populer di Aceh pada Oktober 2015 lalu, lembaga kajian Institute for Development of Acehnese Society (IDeAS) kembali merilis daftar terbaru 20 media online populer per Maret 2016.

Dilansir di laman IDeAS, saat ini berbagai media online terus bermunculan, terutama media yang berbasis di Aceh. Apalagi menjelang Pilkada Aceh 2017, mulai banyak situs portal berita online yang mewarnai perkembangan dan persaingan media sebagai penyedia informasi bagi publik.

Dari jumlah 60an situs media online yang diakses, IDeAS menggunakan sistem pemeringkatan dari situs alexa.com untuk menganalisa lalu lintas atau traffic ke semua situs media online tersebut pada 15 Maret 2016.

Peringkat daftar situs media online itu dipublikasi sebagai referensi publik terhadap perkembangan popularitas media, khususnya yang ada di Aceh berdasarkan lalu lintas situs yang bisa diakses melalui sistem alexa.com.

IDeAS tidak memasukkan dua situs, yaitu aceh.tribunnews.com dan aceh.antaranews.com karena situs milik Serambi Indonesia dan Antara Aceh ini dinilai merupakan sub-domain dari situs berita nasional tribunnews.com dan antaranews.com yang menduduki peringkat 7 dan 167 di Indonesia saat ini.

Berikut daftar peringkat 20 situs media online paling populer di Aceh periode Maret 2016 sebagaimana dirilis IdeAS:

Peringkat 20 besar media online Aceh di Indonesia per Maret 2016. (IDeAS)

 

Peringkat 20 besar media online Aceh di dunia per Maret 2016. (IDeAS)

 

Sementara di urutan ke 21 hingga 50 besar media online di Aceh diisi oleh Pikiran Merdeka, Aceh Online, Aceh News, Statusaceh.net, Aceh Xpress, The Globe Journal, Juang News, Lintas Gayo, Harian Merdeka, Prohaba, Aceh Baru, Aceh Post, Bisnis Aceh, Atjehpress, Aceh Fokus, Inset Galus, Aceh Info, Leuser Antara, Warta Aceh, Modus Aceh, Jurnal Atjeh, Aceh Traffic, Radio Antero, Atjeh Link, Radar Aceh, Suara Tamiang, Aceh Lon, Global Aceh, Statusaceh.com, dan Kabar Aceh di urutan ke 50 berdasarkan lalu lintas dunia versi Alexa. [Sammy]

Related posts