Pedagang keluhkan kenaikan harga bahan pokok

Pedagang keluhkan kenaikan harga bahan pokok
Ilustrasi pasar tradisional (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sejumlah pedagang di Pasar Rukoh, Syiah Kuala, Banda Aceh mengeluhkan harga bahan pokok yang mengalami kenaikan.

“Kalau harga barang naik kita susah melayani pembeli, karena banyak pembeli yang tidak terima dengan harga naik secara tiba-tiba,” kata Rahmad, salah seorang pedagang bahan pokok kepada Kanalaceh.com, Selasa (15/3).

Padahal, sambung Rahmad, kenaikan barang itu bukan penjual yang menentukan, tapi dari agen pusatnya.

“Agen menaikkan harga karena memang dari petani sendiri yang menaikkan, itu karena bahan pokok yang kurang ketersediaannya,” ucapnya.

Rahmad menambahkan, jika harga bahan pokok seperti sayuran turun, ia pun mudah dalam melayani pembeli. “Tidak perlu berdebat dulu dengan pembeli,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan pedagang bahan pokok lainnya, Samsul. Ia mengatakan akibat kelangkaan dan minimnya bahan pokok, harga sayuran naik drastis.

“Kami terpaksa membeli dengan harga mahal dari agen. Kalau kami tidak membelinya, mau jual apa dan makan apa nanti,” keluhnya.

Samsul mengatakan banyak pembeli yang tidak mengetahui kenaikan harga tersebut. Sebab kenaikan harga bahan pokok ini bisa terjadi setiap harinya. “Jadi setiap hari tidak menentu harganya, bisa naik ataupun turun.”

Ia berharap pemerintah memberikan solusi terkait hal itu agar kenaikan harga seperti ini tidak terus terjadi. Menurutnya, jika barang terus naik, kebanyakan pembeli yang tidak mau membeli dengan jumlah banyak.

Harga bahan pokok yang naik seperti cabai rawit yang semula dijual Rp30.000/kg kini dijual menjadi Rp35.000/kg. Cabai hijau yang awalnya Rp15.000/kg terpaksa dijual Rp20.000/kg.

Jenis tomat Takengon yang mulanya Rp6.000/kg sekarang menjadi Rp8.000/kg. bawang merah Medan dari Rp18.000/kg sekarang menjadi Rp22.000/kg, sedangkan bawang merah Aceh semulanya Rp35.000/kg kini menjadi Rp40.000/kg. Untuk bawang putih dari semula Rp28.000/kg menjadi Rp32.000/kg.

Sedangkan cabai merah yang sebelumnya dijual Rp50.000/kg kini turun menjadi45.000/kg dan telur ayam yang semula Rp38.000/kg sekarang berada di kisaran Rp32.000/kg hingga Rp35.000/kg. [Aidil Saputra]

Related posts