Aceh Barat proyek percontohan kampung KB nasional

Aceh Barat proyek percontohan kampung KB nasional
Bupati Aceh Barat H Teuku Alaidinsyah, meresmikan pencanangan Kampung KB Cut Nyak Dhien di Desa Pasie Pinang, Kecamatan Mereubo yang dihadiri Direktur Kependudukan BKKBN pusat dan Asisten Deputi PMK, Jum'at, 18/3 (ACEH.ANTARANEWS.COM

Meulaboh (KANALACEH.COM) – Pemerintah pusat menjadikan Desa Pasie Pinang, sebagai salah satu proyek percontohan Pencanangan Kampung KB nasional di wilayah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Bupati Aceh Barat H T Alaidinsyah di Meulaboh, Jumat mengatakan, dengan dicanangkannya program Kampung KB di daerah tersebut akan menumbuhkan semangat dan minat masyarakat menuju keluarga madani dan sejahtera.

“Dengan dicanangkannya Aceh Barat sebagai salah satu Kampung KB di Indonesia, kita berharap menghadirkan keinginan dan pemahaman masyarakat akan pentingnya program keluarga berencana,”katanya.

Pernyataan tersebut disampaikan Teuku Alaidinsyah, dalam pidatonya acara peresmian pencanangan Kampung KB Cut Nyak Dhien di Desa Pasie Pinang, Kecamatan Mereubo yang dihadiri Direktur Kependudukan BKKBN pusat dan Asisten Deputi PMK.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, bertekad melaksanakan program Keluarga Berencana (KB) dalam upaya menekan tingginya penambahan penduduk akibat lepas kontrol keluarga tanpa ada perencanaan.

Menurut dia, kampung KB merupakan salah satu program revolusi mental berbasis keluarga untuk membangun bangsa Indonesia, dengan adanya Kampung KB manfaatnya dapat dirasakan masyarakat miskin, padat penduduk dan terpencil.

“Khususnya Gampong Pasie Pinang sebagai pilot projek program ini kita harapkan dapat lebih partisipatif, melibatkan dan mengajak sauara-saudaranya agar lebih memahami pentingnya program KB,” katanya.

Kampung KB, tambahnya, merupakan salah satu inovasi strategi untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga (KKBPK) secara utuh di Indonesia.

Selain itu, Kampung KB juga merupakan salah satu bentuk model miniatur pelaksanaan total program yang melibatkan seluruh bidang di lingkungan masyarakat seperti sektor pendidikan, kesehatan dan sosial.

Pencanangan Kampung KB diharapkan peran serta stekholder baik jajaran pemerintah maupun komponen masyarakat dapat lebih bersinergi merubah pemahaman masyarakat akan pentingnya program KB.

Alaidinsyah berpesan, setelah pencangan Kampung KB tersebut hendaknya jajaran penyuluh yang dibantu para kader serta partisipasi jajaran TNI dan Polri, akan menguatkan kelangsungan program tersebut di Aceh Barat.

“Kita semua berharap, upaya yang kita semai hari ini memberi hasil bagi kelangsungan kehidupan generasi lebih baik dan cemerlang dimasa mendatang,” katanya. | antaranews.com

Related posts