FK Unsyiah buka klinik kesehatan di Leupung

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Kamis (17/3) membuka Klinik Kesehatan Family Medicine di Kecamatan Leupung, Aceh Besar.

Fasilitas kesehatan tersebut diresmikan langsung oleh Dr. Nazamuddin, SE., MA, selaku Wakil Rektor Bidang Kerjasama Unsyiah.

Dr. Nazamuddin dalam sambutannya mengatakan, bahwa berdirinya klinik kesehatan FK Unsyiah ini diharapkan bisa  memberikan dampak positif bagi masyarakat Leupung, khususnya terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, ia berharap klinik ini bisa terus aktif dengan dokter yang berkunjung secara reguler.

“Awalnya klinik kesehatan ini adalah bantuan dari
Kerajaan Arab Saudi pasca gempa dan tsunami di Aceh pada tahun 2004 silam,” jelasnya.

Namun, saat tim Arab Saudi mengunjungi Aceh beberapa waktu lalu mereka melihat klinik kesehatan ini tak aktif lagi. Oleh karena itu, mereka meminta Unsyiah untuk mengfungsikan kembali sarana kesehatan tersebut, terangnya.

Menurutnya, kehadiran klinik kesehatan ini juga sangat berarti bagi Unsyiah, karena kampus punya Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satunya yaitu pengabdian terhadap masyarakat. Oleh karena itu, dokter muda dari FK Unsyiah yang bertugas di klinik ini harus memberikan pelayanan maksimal sehingga klinik ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Leupung.

“Lagi pula, pelayanan yang baik itu adalah kunci kesuksesan pelayanan kesehatan,” sambungnya.

Kehadiran klinik kesehatan ini mendapat sambutan baik oleh masyarakat Leupung. Sebagaimana yang diungkapkan Drs. Thabran Adjad selaku Camat Leupung.

Menurutnya, Puskemas yang ada di Leupung berada di pinggiran kecamatan dan masih terbilang jauh dari jalan raya. Masyarakat masih agak sulit untuk mengaksesnya. Diharapkan kehadiran klinik ini dapat mendukung pelayanan Puskesmas di Leupung. Kedua sarana kesehatan ini nantinya dapat saling mendukung dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Sementara itu, Pembantu Dekan IV FK Unsyiah DR. Mudatsir menambahkan, pendirian Klinik ini merupakan bagian dari Family Medicine yang ada di FK Unsyiah. FK Unsyiah memiliki tiga keunggulan yang tidak didapatkan di fakultas kedokteran lain yaitu, Satker Manajemen, Tropical Medicine (penyakit tropis), dan Family Medicine. “Jadi, keunikan ini harus terus kita kembangkan,” ujarnya. [Aidil Saputra/rel]

Related posts