Forgeppa ajak masyarakat awasi dana desa

Ilustrasi dana desa. (Kompas)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sekjen Forum Gerakan Pemuda Peduli Aceh (Forgeppa), Muhammad Arsyad mengajak seluruh masyarakat berperan aktif dalam membantu mengawasi penggunaan anggaran dana desa di Aceh.

“Aceh tahun ini mendapatkan Alokasi Dana Desa (ADD) dari Pemerintah Pusat jauh lebih besar dibandingkan jatah tahun 2015. Karena itu, kami mengajak masyarakat desa, LSM dan para pemuda berperan aktif dalam mengawasi bantuan dana desa tersebut dan segala bentuk bantuan dari pemerintah. Hal ini bertujuan agar tidak ada penyalahgunaan,” kata Arsyad dalam acara diskusi dengan sejumlah mahasiswa dan pemuda Aceh di salah satu warung kopi di Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (25/3) malam.

Ia juga berharap aparat kampung yang mengelola dana desa harus transparan serta tak disalahgunakan. Rincian penyalurannya dapat dipublikasi di setiap desa dan harus disampaikan kepada masyarakat secara terbuka.

“Kami berharap seluruh perangkat desa agar penggunaan dana desa secara otomatis harus dipublikasi di papan pengumuman di setiap desa. Sebab, melalui sifat terbuka tersebutlah prinsip akuntabilitas bisa terwujud,” ujarnya. [Sammy/rel]

Related posts