Pesona Masjid Agung At Taqwa Kutacane

--Ads--
loading...

DECAK kagum dan kalimah tasbih dipastikan akan terucap saat tiba di komplek Masjid ini. Betapa keindahan bangunan yang menjadi rumah Allah ini di desain sangat baik dan dapat dikatakan salah satu karya terbaik di negeri ini.

Pada bagian terluar pagar, terdapat sebuah grafiti besar yang terbuat dari plat tembaga berwarna putih, berupa tulisan alfabet yang membentuk satu kalimat, Masjid Agung At Taqwa. Dan bahkan tulisan tersebut terbaca hingga radius beberapa meter dari badan jalan.

Saat memasuki masjid, pada bagian sisi kiri terdapat bangunan yang agak kecil, yang merupakan tempat wudhu bagi jamaah laki laki dan di sebelah, masih menjadi satu bagian bangunan tersebut, terdapat tempat wudhu bagi perempuan.

Ads

Keindahan tempat wudhu yang pada bagian atapnya terdapat dua buah kubah, menjadi daya dukung keindahan Masjid itu sendiri.

Dan jangan berpikir tempat wudhu ini bau dan kotor, sebab ditempat ini disiapkan petugas yang bekerja tiap saat untuk membersihkannya. Aroma wangi dan jernihnya air di sini membuat para jamaah betah untuk berlama lama, dan bahkan bagi yang Berpergian jauh, di tempat ini dapat mandi untuk menyegarkan badan.

Nah, pada bagian bangunan utama masjid, dari luar, jamaah akan disuguhkan satu bentuk gaya artistik modern, dengan paduan dominasi warna Grey atau abu abu, dan sentuhan warna motif suku yang menjadikan keseluruhan corak masjid berbeda dengan masjid lainnya.

Memasuki masjid, terdapat beberapa anak tangga berbahan marmer berwarna hitam mengkilat, dan pada bagian bangunan dalam utama masjid, dominasi lantai berwarna cokelat keemasan, dan beberapa pilar tiang besar yang dibungkus warna hitam dan kuning coklat.

Pada dinding bagian dalam masjid, ornamen khas alas yang dipadu dengan tulisa kaligrafi, menambah keindahan masjid ini.

Dari informasi yang diperoleh, area masjid seluas 1,4 hektar, dan luas bangunan masjid 2670 meter. Dan jika anda hendak menuju Sumatera utara dari jalur barat selatan Aceh, akan rugi rasanya jika tidak singgah di Masjid ini. [Saky]