Gubernur sidak ke RSIA terkait kematian ibu dan bayi

Gubernur sidak ke RSIA terkait kematian ibu dan bayi
Zaini Abdullah, melakukan inspeksi mendadak ke Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Banda Aceh, Rabu (30/3). (Suhaimi Tripa)

Banda Aceh (KANALACEH.COM)Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Banda Aceh, Rabu (30/3).

Inspeksi mendadak ini terkait dengan peristiwa meninggalnya pasien atas nama Suryani dan bayinya, warga Gampong Lambatee, Kecamatan Darul Kamal, Aceh Besar, Selasa (29/3) akibat tidak adanya pelayanan dokter di rumah sakit tersebut.

Usai melihat ruang perawatan bersalin ibu dan anak, Zaini Abdullah langsung menggelar rapat tertutup dengan pihak manajemen rumah sakit yang dihadiri Dirut RSIA, Erni.

Usai rapat tertutup, Zaini menegaskan akan mengambil tindakan tegas terhadap Direktur RSIA jika nantinya dalam audit maternal ditemukan adanya unsur kesalahan yang dilakukan pihak manajemen.

“Dari hasil audit tadi, saya akan mengambil tindakan tindakan yang tegas,” ujar Zaini.

Dalam kesempatan itu juga, Zaini meminta agar para dokter dan tenaga medis untuk melakukan tugas-tugas kemanusiaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar tidak melihat dari sisi materi atau keuntungan pribadi semata.

“Ini soal kemanusiaan. Jika pun ada masalah soal pembayaran jasa tenaga medis antara manajemen dan dokter ahli, semestinya jiwa seorang dokter itu harus terpanggil kalau ada masyarakat yang membutuhkan, apalagi situasiasinya darurat,” tegas Zaini. [Sammy]

Related posts