Biro Orpa Papua studi banding ke Aceh

Biro Orpa Papua. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Biro Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur (Orpa) Provinsi Papua melakukan studi banding ke Aceh, Selasa (5/4).

Dalam kunjungan kerja tersebut, rombongan dari papua yang diketuai kepala Biro Orpa Papua, Daniel Pahabol melakukan pertemuan dengan Ramli Daud, Kepala Biro Organisasi Aceh dan stafnya di ruang rapat Biro Organisasi Setda Aceh.

Pertemuan tersebut membahas berbagai sistem pemerintahan yang dijalankan Pemerintah Papua dan Aceh. Salah satunya adalah sistem pemilihan umum yang dilaksanakan di Papua.

Kepala Biro Orpa Papua Daniel mengatakan, salah satu yang membedakan pemilu di Aceh dan Papua adalah sistem pemilihan noken.

Di Papua, kata Daniel, selain pemilihan menggunakan kotak suara, juga menggunakan sistem noken.

“Noken ini menjadi bagian penting dalam pelaksanaan Pilkada Papua khususnya untuk masyarakat Papua yang berasal dari daerah pegunungan,” kata Daniel.

Selain itu, Pemerintah Papua juga memiliki Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia Papua yang menangani beasiswa baik dalam dan luar negeri untuk putra putri Papua yang ingin melanjutkan pendidikan.

Kepala Biro Organisasi Aceh, Ramli Daud menyambut baik kunjungan kerja Biro Orpa ke Aceh.

Ramli Daud berharap pertemuan tersebut dapat menambah pengetahuan terhadap sistem pemerintahan yang dijalankan di Aceh dan di Papua sehingga menjadi bahan kajian bersama. [Sammy/rel]

Related posts