Gubernur silaturahmi dengan tokoh masyarakat Aceh Tamiang

Tamiang (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah bersilaturahmi dengan para tokoh masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang di Dayah Sabiul Ulum, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang, Selasa (5/4).

Kedatangan Zaini Abdullah sekaligus menghadiri peringatan maulid dan haul ke-28 dayah tersebut serta memberikan bantuan bencana kekeringan yang terjadi di kawasan itu.

Ia menyebutkan, bersilaturahmi ke Tamiang tak ubahnya seperti pulang kampung. Zaini dikenal pernah bertugas sebagai dokter di Kuala Simpang pada 1970-an silam. “Daerah ini tidak asing bagi saya, seperti kembali ke rumah,” ujarnya.

Zaini menegaskan, kepedulian pemerintah tampak dari besarnya anggaran yang disediakan untuk pendidikan, dan pemberian intensif kepada guru-guru dayah. Pemerintah, kata Zaini, mengalokasikan dana hingga 20 persen dari total belanja APBA, untuk pendidikan.

Ia meminta pembangunan dayah Sabiul Ulum untuk terus ditingkatkan. “Insya Allah akan dibantu. Tahun ini akan dibantu satu miliar untuk pembangunan, dan tahun depan Insya Allah akan dibantu lagi,” tuturnya.

Zaini mengatakan, Pemerintah Aceh konsisten mendukung sepenuhnya penegakan syariat Islam di Aceh. Salah satu cara, kata Zaini, adalah dengan membangun dayah di berbagai pelosok di Aceh.

“Ke depan juga intensif guru di Aceh akan kita tingkatkan. Mereka adalah para pendidik yang harus selalu kita perhatikan,” ujarnya.

Pimpinan Dayah Sabiul Ulum, Abu Muhammad Yahya Husain berterima kasih atas kunjungan gubernur ke dayah yang dipimpinnya.

“Semoga kehadiran gubernur dapat lebih meningkatkan silaturahmi dan bisa menjadi motovasi bagi santri,” ujar Abu Muhammad Yahya.

Di akhir pertemuan, Zaini Abdullah memberikan bantuan kepada Dayah Sabiul Ulum. Bantuan yang diserahkan berupa dua tandon air kapasitas 10.000 dan 5.000 ribu liter air, satu buah tangki air kapasitas 1.000 liter, air mineral sebanyak 3.560 kotak dan masker sebanyak 1.500 lembar. [Sammy/rel]

Related posts