Mahasiswa UIN Ar-Raniry ikuti Orientasi Budaya Lokal di Singkil

Kegiatan OBL di Singkil. (Ist)

Singkil (KANALACEH.COM) – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Banda Aceh melaksanakan kegiatan Orientasi Budaya Lokal (OBL) di kalangan mahasiswa Aceh dan Sumatera Utara di Singkil sejak Senin (4/4) hingga Kamis (7/4).

Salah seorang mahasiswa, Muhammad Fadhil mengatakan kegiatan tahunan ini difokuskan untuk memperkenalkan budaya lokal Aceh Singkil secara khususnya kepada mahasiswa.

“Pembukaan OBL kali ini dibuka di kantor Bupati Aceh Singkil. Dan selanjutnya para mahasiswa secara langsung diperkenalkan dengan masyarakat secara turun langsung ke tengah masyarakat di lokasi kegiatan,” ujar mahasiswa Prodi SKI UIN Ar-Raniry itu.

Secara spesifik, kata Fadhil, kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud membuka wawasan dan menanamkan pemahaman kepada mahasiswa mengenai dinamika budaya masyarakat tradisional yang di Aceh singkil.

“Dan mengidentifikasi masalah menyangkut isu sosial kebudayaan serta aspek kehidupan masyarakat tersebut secara lebih dekat,” tuturnya.

Ia menyebutkan, perwakilan dari UIN Ar-Raniry yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah empat orang.

“Dari Fakultas Adab dan Humaniora yang mewakili Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam sebanyak dua orang, yaitu Fouzal Fahmi dan Ahmad Ziadi. Sementara dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan dari Jurusan Ilmu Politik, yaitu Khairul Ahmadi dan dari Ilmu Administrasi Negara, Subhan,” sebutnya.

Menurut Fadhil, kegiatan OBL 2016 sangat bagus untuk mendekatkan mahasiswa untuk peduli terhadap tradisi budaya lokal. “Sekaligus ajang silaturahmi antara mahasiswa Aceh dan Sumatera utara.” [Sammy/rel]

Related posts