Wakil wali kota: pemimpin harus jadi agent of change

Keuchik Zainal ajak perempuan terjun ke dunia politik
Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin mengatakan kepada peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV (PIM IV), harus mampu menjadi jadi agen perubahan (agents of change) pada level pejabat struktural eselon IV, terutama di instasi masing- masing.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka acara Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Pemko Kota Banda Aceh di Aula lantai IV, Gedung A, Balai kota, Banda Aceh, Kamis, (7/4).

Menurutnya, materi yang diberikan pada diklat tersebut bukan hanya tentang peningkatan pengetahuan, tetapi juga perubahan sikap dan perilaku serta penegasan integritas peserta diklat sebagai pegawai yang siap melayani masyarakat.

“Selain itu, di diklat ini juga difokuskan pada upaya mewujudkan sosok aparatur yang memiliki karakter integritas tinggi, profesional, tangguh, memiliki nilai-nilai moral dan kejujuran, tanggung jawab serta memenuhi standar kompetensi yang dilandasi dengan iman dan taqwa,” ujarnya.

Zainal menambahkan, sistem pelaksaaan diklat PIM IV yang dilaksanakan dalam dua tahun terakhir menuntut peserta untuk menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan di unit kerja masing-masing.

“Peserta dituntut untuk melakukan inovasi yang dapat memperbaharui kinerja organisasi terutama di unit kerjanya. Emampuan melakukan inovasi inilah yang menjadi acuan penilaian dan kelulusan peserta diklat,” tuturnya. [Fahzian Aldevan]

Related posts