Relawan Biru dan Mapesa bersihkan makam di Blang Oi

Relawan Biru dan Mapesa membersihkan komplek makam zaman Aceh Darussalam abad 16-19 di Gampong Blang Oi, Banda Aceh Minggu (10/4). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Relawan Bang Ibnu Rusdi (Relawan Biru) dengan Masyarakat Peduli Sejarah (Mapesa) membersihkan kompleks makam zaman Aceh Darussalam abad 16-19 di Gampong Blang Oi, Banda Aceh, Minggu (10/4).

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini turut dihadiri oleh Ketua DPRK Banda Aceh, Arief Fadhilah dan Politisi Demokrat Aceh, Ibnu Rusdi.

Ketua Relawan Biru, Akmal Farraz mengatakan kegiatan ini dibuat sebagai bentuk kepedulian anak-anak muda terhadap situs-situs sejarah yang mulai dilupakan. Ini juga merupakan kegiatan rutin mingguan dari Mapesa.

“Gotong royong ini dalam rangka kita membantu Mapesa, lalu juga sebagai wahana pembelajaran buat kami tentang situs-situs sejarah di makam daerah kawasan Blang Oi,” ujar Akmal kepada Kanalaceh.com.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan gotong royong ini merupakan visi misi dari Relawan Biru yang telah juga dilakukan di beberapa masjid sekitaran Banda Aceh.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Akmal berharap semua warga Banda Aceh dapat meningkatkan rasa kepedulian dan kecintaan terhadap situs sejarah.

“Ke depannya situs sejarah ini semoga dapat dikembangkan sebagai objek wisata di Banda Aceh,” imbuh Akmal. [Aidil Saputra]

Related posts