Aceh klaim akan pecahkan rekor MURI pada HUT TMII

Rapat persiapan akhir jelang puncak acara HUT TMII ke-41 di ruang Potensi Daerah Setda Aceh. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Merayakan Hari Ulang Tahun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang ke-41, Pemerintah Aceh akan mementaskan Tari Ratoh Jaroe. Tarian yang akan dipentaskan oleh 6600 penari ini diklaim akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Hal tersebut disampaikan Kepala kantor Perwakilan Aceh di Jakarta, Badri Ismail pada rapat persiapan akhir jelang puncak acara HUT TMII ke-41, yang dipimpin oleh Asisten II Setda Aceh, Azhari Hasan di ruang Potensi Daerah Setda Aceh.

“Pemecahan rekor MURI Tari Ratoh Jaroe ini dipentaskan oleh 6600 penari. Bapak Gubernur akan menyaksikan secara langsung dan akan menerima Sertifikat dari MURI,” ujar Badri Ismail.

Badri menambahkan, ribuan penari tersebut berasal dari siswi SMU dan mahasiswi se-Jabotabek. Sejumlah tarian Aceh seperti Ratoh jaroe dan Tari Saman menjadi salah satu ekstrakurikuler terfavorit di Jabotabek.

“Para siswi dan mahasiswi ini telah mendapatkan pelatihan dan pembekalan selama beberapa bulan lalu. Sebelum penampilan puncak pada 24 April, para penari akan melakukan geladi bersih pada 21-22 April,” tambah Badri.

Badri menambahkan, dalam pementasan tersebut, para penari yang berjumlah 6600 itu akan membuat formasi berbentuk ‘Ratoh Jaroe HUT TMII ke-41 Aceh’.

Asisten II Setda Aceh, Azhari Hasan berharap seluruh kabupaten/kota se-Aceh dapat bekerja sama dan saling berkoordinasi agar Paviliun Aceh dapat menyabet predikat yang terbaik pada HUT TMII ke-41 tersebut.

“Yang dinilai oleh panitia adalah Paviliun Aceh, jadi Aceh secara keseluruhan, bukan masing-masing kabupaten/kota. Karena itu, kekompakan kita dan kerja sama yang baik untuk menampilkan produk unggulan Aceh di ajang tersebut yang akan dinilai oleh panitia,” ujar Azhari Hasan. [Sammy/rel]

Related posts