Gempa 6,9 SR guncang Myanmar, terasa sampai India

by Redaksi | Kanal Aceh

Myanmar (KANALACEH.COM) – Gempa bumi berkekuatan 6,9 Skala Richter (SR) mengguncang Mynamar pada Rabu (13/4) malam. Besarnya guncangan gempa terasa sampai India.

Seperti dilansir dari AFP, Kamis (15/4), US Geological Survey (USGS) merilis gempa itu berada di kedalaman 134 Km dan berjarak 396 Km dari Ibu Kota Naypyidaw, Myanmar.

Getaran gempa terasa sampai negara tetangga, yaitu China dan India. Banyak dari provinsi terpencil di Myanmar dengan infrastruktur yang buruk ikut terguncang akibat gempa itu. Namun tidak ada laporan korban jiwa akibat gempa ini.

Salah seorang anggota parlemen Myanmar, Cho Cho Win yang berada di wilayah Sagaing, sekitar 100 Km dari pusat gempa, mengaku merasakan getaran yang cukup kuat selama beberapa menit.

“Mungkin ada beberapa kerusakan, tapi sulit untuk mengetahui hal itu pada malam hari,” ucapnya.

Di India, guncangan gempa dirasakan warga yang tinggal di kota-kota sebelah timur seperti Kolkata, Shillong, Guwhati dan Patnam. Di Kalkuta salah satu kota terbesar di India, warga kaget dan berhamburan saat gempa terjadi.

Warga di kota Kolkata melaporkan ada retakan pada beberapa gedung setelah gempa, sementara layanan transportasi metro dihentikan beberapa menit.

Sementara di China seperti dilaporkan kantor berita Xinhua, getaran gempa dirasakan di Tibet. Tak ada laporan kerusakan atau korban atas gempa ini. [Detik]

You may also like